Analisis Penerimaan Masyarakat terhadap Fintech sebagai Alat Transaksi Elektronik menggunakan Metode TAM

Chusnul Maulidina Hidayat, Diovianto Putra Rakhmadani, Maliana Puspa Arum, Lina Fatimah Lishobrina

Abstract


Di era teknologi 5.0 terjadi perubahan yang cukup pesat diberbagai aspek kehidupan, termasuk dalam sektor keuangan. Fintech merupakan salah satu bentuk inovasi teknologi informasi yang telah mengubah cara orang mengakses dan menggunakan layanan keuangan. Perubahan teknologi ini belum diikuti oleh semua kalangan masyarakat dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat terhadap manfaat yang ditawarkan LinkAja dalam kemudahan bertransaksi, masyarakat yang terbiasa melakukan transaksi secara konvensional menggunakan uang tunai ataupun kartu debit, serta keamanan dan privasi yang dikhawatirkan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Technology Acceptance Model (TAM) yaitu perceived ease of use (PEU), privacy and security (PS), dan perceived usefulness (PU) terhadap penggunaan fintech LinkAja. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei dan sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling terhadap responden yang menggunakan aplikasi LinkAja di seluruh Indonesia. Responden yang diperoleh sebanyak 150 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived ease of use (PEU), privacy and security (PS), dan perceived usefulness (PU) menghasilkan pengaruh yang signifikan, sehingga hipotesis diterima. Pengujian variable menggunakan analisis jalur.


Keywords


Technology Acceptance Model, Fintech, Transaksi Elektronik

Full Text:

PDF

References


Aulia, M., Yustiardhi, A. F., & Permatasari, R. O. (2020). An overview of Indonesian regulatory framework on Islamic financial technology (fintech). Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam, 6(1), 64–75. https://doi.org/10.20885/JEKI.vol6.iss1.art7

Chawla, D., & Joshi, H. (2019). Consumer attitude and intention to adopt mobile wallet in India–An empirical study. International Journal of Bank Marketing, 37(7), 1590- 1618.

Davis, F. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. Management Informartion Systems Research Center, 13(3), 319-340.

Flaviáan, C. & Guinalíu, M. (2006). Consumer trust, perceived security and privacy policy: three basic elements of loyalty to a website. Industrial Management & Data Systems, 106(5), 601-620.

Irawati, Anggit Esti, dan Ehrmann Suhartono. (2020). Analisis Technology Acceptance Model Aplikasi LinkAja. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. ISSN 1979-4800

Kahar, A., Wardi, Y., & Patrisia, D. (2019). The Influence of Perceived of Usefulness, Perceived Ease of Use, and Perceived Security on Repurchase Intention at Tokopedia. com. In 2nd Padang International Conference on Education, Economics, Business and Accounting (PICEEBA-2 2018). Atlantis Press.

Larasetiati, M., & Ali, H. (2019). Model of Consumer Trust: Analysis of Perceived Usefulness and Security toward Repurchase Intention in Online Travel Agent. Saudi Journal of Economics and Finance, 3(8): 350-357.

Punwatkar, S., & Verghese, M. (2018), Adaptation of e-Wallet Payment: An Empirical Study on Consumers’ Adoption Behavior in Central India. International Journal of Advanced in Management, Technology and Engineering Sciences, 1147–1156., Gujarat

Yucel, U. A., & Gulbahar, Y. (2013). Technology Acceptance Model: A Review of the Prior Predictors. Ankara University. Journal of Faculty of Educational Sciences, 46(1), 89- 109.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office :

Prosiding SENDIKO (Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer)
Published by Universitas PGRI Madiun
Managed by Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun
Address Jl. Auri 14-16 Kota Madiun Kampus III Universitas PGRI Madiun 63118
Website http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/index
Email sendiko@unipma.ac.id

e-ISSN:  3025-4604