Analisis Sistem Aplikasi Alodokter menggunakan Metode Evaluasi Heuristik

Ayu Liastri

Abstract


User interface dan user Experience yang didasarkan pada user centered design, activity centered design dan juga goal design, yang dimana memiliki banyak terjadi interaksi antar manusia dan Komputer. Sehingga menjadi salah satu faktor penting dalam membangun sebuah website maupun aplikasi, mengingat semakin efektif dan efisien suatu desain maka semakin mudah pula pengguna menggunakan aplikasi tersebut. Sistem Aplikasi ini dapat dijadikan juga sebagai symbol interaksi manusia dan computer[1],seperti pada aplikasi Kesehatan (telemedicine), seperti alodokter ini. Analisa ini berfokus pada evaluasi sistem aplikasi Alodokter. Adapun Evaluasi yang digunakan adalah evaluasi Heuristic (Jakob’s Ten Usability Heuristics) juga metode penelitian deskriptif. Dimana evaluasi ini memiliki 10 poin, yang manan nantinya aplikasi Alodokter ini akan di evaluasi mulai dari design dan fitur – fitur lainnya dan metode penelitian deskriptif ini mengacu pada menjelaskan suatu peristiwa yang sedang berjalan pada masa sekarang dan juga pada masa lampau, jadi digunakannya metode ini karna akan ada evaluasi dari sistem yang sudah ada maupun yang sedang berjalan.Setelah evaluasi terlaksana maka kita dapat melihat baik kekurangan maupun kelebihan dari aplikasi Alodokter ini dan nantinya akan ada beberapa rekomendasi untuk dijadikan bahan pembaharuan bagi aplikasi.


Keywords


Interaksi Manusia dan Komputer, Kegunaan, Pengalaman Pengguna, Evaluasi Heuristik, Telemedicine

Full Text:

PDF

References


Defi Lugianti, Meyrizal Dedie Junaedi, and Meyrizal Dedie Junaedi, “Penerapan Sistem Interaksi Manusia Dan Komputer Pada Website E-Learning Di STMIK Tegal,” Jurnal Minfo Polgan, vol. 11, no. 02, pp. 36–44, 2022.

A. Prasetyo and D. H. Prananingrum, “DISRUPSI LAYANAN KESEHATAN BERBASIS TELEMEDICINE: HUBUNGAN HUKUM DAN TANGGUNG JAWAB HUKUM PASIEN DAN DOKTER,” Refleksi Hukum: Jurnal Ilmu Hukum, vol. 6, no. 2, pp. 225–246, Jun. 2022, doi: 10.24246/jrh.2022.v6.i2.p225-246.

Dian Kumala Sari, Bintaria Ayu Purwandari, Ella Irnanda, Dewi Savara, and Meyrizal Dedie Junaedi, “Peranan Telenursing untuk Meningkatkan Mutu dalam Pelayanan Keperawatan,” Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia , vol. 11, no. 1, pp. 1–94, 2023.

P. A. Lestari, I. Aknuranda, and A. D. Herlambang, “Evaluasi Usability Pada Antarmuka Pengguna Aplikasi PLN Mobile Menggunakan Metode Evaluasi Heuristik,” 2019. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

L. Mona Ganiem, P. Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Jalan Meruya Selatan No, and J. Barat, “EFEK TELEMEDICINE PADA MASYARAKAT (Kajian Hukum Media McLuhan: Tetrad),” 2020.

J. Sains, D. Teknologi, P. Sukmasetya, A. Setiawan, and E. R. Arumi, “PENGGUNAAN USABILITY TESTING SEBAGAI ALAT EVALUASI WEBSITE KRS ONLINE PADA PERGURUAN TINGGI,” Jurnal Sains dan Teknologi , vol. 9, no. 1, pp. 58–67, 2020.

A. Hidayat, I. Purnamasari, and D. M. Siringoringo, “Penentuan Jalur Terpendek dengan Metode Heuristik Menggunakan Algoritma Sarang Semut (Ant Colony) (Studi Kasus: Jalan Arteri Sekunder Kota Samarinda) Determination of the Shortest Path with the Heuristic Method Using the Ant Colony Algorithm (Case Study: Samarinda Secondary Arterial Road),” Jurnal EKSPONENSIAL, vol. 11, no. 1, 2020.

I. Hamidah, I. Nugroho, and S. Surorejo, “PENERAPAN INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER PADA ANTARMUKA SISTEM INFORMASI AKADEMIK,” 2023.

N. Ketut, T. Purnama, I. Made, A. Pradnyana, and K. Agustini, “USABILITY TESTING MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION PADA APLIKASI E-MUSRENBANG BAPPEDA KABUPATEN BADUNG,” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, vol. 16, no. 1, 2019.

O. Vi et al., “Evaluasi Usability pada Aplikasi PeduliLindungi Menggunakan Metode Usability Testing,” SIFO Mikroskil, vol. 23, no. 2, pp. 209–224, 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office :

Prosiding SENDIKO (Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer)
Published by Universitas PGRI Madiun
Managed by Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun
Address Jl. Auri 14-16 Kota Madiun Kampus III Universitas PGRI Madiun 63118
Website http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/index
Email sendiko@unipma.ac.id

e-ISSN:  3025-4604