Implementasi Algoritma FP-Growth pada Rancang Bangun PERPUSI Berbasis Website dengan Framework Laravel

Muhammad Mas'ud, Salsabila Fany Rachmatillah, Novia Ratnasari, Muhammad Amanulloh Mz, Zurriat Nyndia Rahmawati

Abstract


Studi kasus yang dipaparkan oleh penulis adalah membuat website perpustakaan dalam level yang sederhana dengan framework Laravel. Perpustakaan adalah salah satu institusi yang memiliki peran penting dalam mendukung proses pembelajaran dan penelitian. Namun, pengelolaan perpustakaan secara tradisional seringkali memakan waktu dan tidak efisien. Untuk mengatasi masalah tersebut maka penulis mencoba mengimplementasikan algoritma FP-Growth pada rancang bangun PERPUSI (Perpustakaan Sistem Informasi) berbasis website dengan menggunakan framework Laravel. Algoritma FP-Growth, yang menggunakan struktur pohon FP-Tree sebagai dasar, memiliki keunggulan dalam melakukan analisis pola asosiasi. Dalam konteks perpustakaan digital, algoritma ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi pola peminjaman buku yang sering terjadi, sehingga dapat memberikan rekomendasi yang lebih personal dan sesuai dengan minat pengguna. Metode yang digunakan dalam merancang aplikasi ini dengan menggunakan metode SDLC (System   Development Life Cycle) dimana tahapannya terdiri dari analisis kebutuhan, perencanaan, perancangan, implementasi dan pengujian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan dari keempat kategori a. Status; b. Transisi; c. Kejadian; dan d. Aksi; yang telah diujikan menggunakan blackbox testing menghasilkan indikator bernilai sukses dan dapat diimplementasikan sebagai program pendukung pembelajaran di Program Studi Sistem Informasi Unira Malang. Untuk penelitian lanjutan dapat dikembangkan fitur-fitur  dan maintenance program.


Keywords


Perpustakaan, Website, Framework Laravel, SDLC, Blackbox

Full Text:

PDF

References


D. Abdullah, Merancang Aplikasi Perpustakaan Menggunakan SDLC, no. October. 2020.

U. Bengkulu, “Upaya meningkatkan layanan pemustaka di upt perpustakaan universitas bengkulu,” vol. 3, no. 2, pp. 203–214, 2018.

V. Rizqiyani, A. Mulwinda, and R. D. M. Putri, “Klasifikasi Judul Buku dengan Algoritma Naive Bayes dan Pencarian Buku pada Perpustakaan Jurusan Teknik Elektro,” J. Tek. Elektro, vol. 9, no. 2, pp. 60–65, 2017, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jte/article/view/11658/7332.

G. Gunadi and D. I. Sensuse, “Penerapan Metode Data Mining Market Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk Buku Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Dan Frequent Pattern Growth ( Fp-Growth ) :,” Telematika, vol. 4, no. 1, pp. 118–132, 2012.

R. S. Zahra, O. V. Putra, and R. U. Putri, “Rancang Bangun Sistem Informasi Telemedicine Pada Darussalam Medical Center ( DMC ) Menggunakan Framework Laravel,” no. Dmc, pp. 84–91.

M. A. Dewi and R. Irham, “Penerapan Agile Scrum Pada Pengembangan Bimbingan Daring Skripsi Mahasiswa,” J. SISKOM-KB (Sistem Komput. dan Kecerdasan Buatan), vol. 4, no. 2, pp. 40–45, 2021, doi: 10.47970/siskom-kb.v4i2.195.

L. Sakuroh, M. R. Julianti, and S. R. Siregar, “Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Pada SMP Negeri 14 Medan,” J. Sisfotek Glob., vol. 8, no. 2, pp. 26–30, 2018, doi: 10.38101/sisfotek.v8i2.184.

N. Hendrastuty, Y. Ihza, J. Ring Road Utara, and J. Lor, “Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Santri Berbasis Android,” Jdmsi, vol. 2, no. 2, pp. 21–34, 2021.

I. G. N. Suryantara, “Pengembangan Aplikasi Penjualan Mobil dengan Framework Scrum pada PT XYZ,” Go-Integratif J. Tek. Sist. dan Ind., vol. 2, no. 2, pp. 70–85, 2021, doi: 10.35261/gijtsi.v2i2.5326.

A. Andipradana and K. D. Hartomo, “Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Online Berbasis Web Menggunakan Metode Scrum,” pp. 161–172, 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office :

Prosiding SENDIKO (Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer)
Published by Universitas PGRI Madiun
Managed by Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun
Address Jl. Auri 14-16 Kota Madiun Kampus III Universitas PGRI Madiun 63118
Website http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/index
Email sendiko@unipma.ac.id

e-ISSN:  3025-4604