Peningkatan Kapasitas BUMDes melalui Community Development sebagai Penggerak Wisata Edukasi Kampung Nanas di Desa Palaan

Urnika Mudhifatul Jannah, Priska Choirina, Anggraeni Hadi Pratiwi, Niki Puspitasari, Muhamad Imron

Abstract


Peranan BUMDes adalah sebagai instrumen penguatan otonomi desa dan juga sebagai instrumen kesejahteraan masyarakat. BUMDes sebagai otonomi desa maksudnya adalah untuk mendorong pemerintah desa dalam mengembangkan potensi desanya sesuai dengan kemampuan dan kewenangan desa.  BUMDes dapat dimaksimalkan kinerjanya melalui program community development. Communitty Development (pengembangan masyarakat) dapat didefinisikaan sebagai “Kegiatan pengembangan masyarakat yang diarahkan untuk memperbesar akses masyarakat untuk mencapai kondisi sosial-ekonomi-budaya yang lebih baik apabila dibandingkan dengan kegiatan pembangunan sebelumnya”. Wisata edukasi “Kampung Nanas” adalah suatu wisata edukasi yang terletak di desa Palaan, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. Pembangunan wisata ini dimaksud untuk mendukung serta mengembangkan mata pencaharian penduduk sekitar yaitu sebagai petani nanas. Dengan adanya wisata ini diharapkan dapat meningkatkan kondisi ekonomi di desa Palaan. Wisata edukasi “Kampung Nanas” dikelola oleh BUMdes Desa Palaan sejak Tahun 2019. Fasilitas yang disediakan di wisata edukasi “Kampung Nanas” yaitu kebun nanas, kolam renang, taman bermain, spot foto, dan kafe nanas. Pelaksanaan Workshop Community Development untuk meningkatkan kapasitas BUMDes serta memperbaiki tata kelola wisata edukasi Kampung Nanas, serta pembuatan video promosi diharapkan dapat mengenalkan Kampung Nanas ke calon wisatawan. Setelah kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini selesai diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kampung Nanas.

Keywords


BUMDes; Community Development; Kampung Nanas

Full Text:

PDF

References


Mainolfi, Giada dan Marino, Vittoria. 2020. Destination Beliefs, Event Satisfaction And Post-Visit Product Receptivity In Event Marketing. Results From A Tourism Experience ELSEVIER. VOL. 116 PAGES 699-710, https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2018.03.001

Melovic, Boban., Jocovic, Mijat., Dabic, Marina. 2020. The Impact Of Digital Transformation And Digital Marketing On The Brand Promotion, Positioning And Electronic Business In Montenegro. Technology In Society. VOLUME 63, https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2020.101425

Mogaji, Emmanuel., Soetan, Taiwo O., Kieu, Tai Anh. 2020. The Implications Of Artificial Intelligence On The Digital Marketing Of Financial Services To Vulnarable Customers. Australasian Marketing Journal. https://doi.org/10.1016/j.ausmj.2020.05.003

Nugroho, R., & Suprapto, F. A. (2021). Membangun Desa Wisata Bagian 2: Strategi Desa Wisata. Elex Media Komputindo.

Pakarti, S., Andriani, K., & Mawardi, kholid m. (2017). The Influence of City Branding and Tourism Events on Visiting Decisions and Their Impact on Interest in Returning to Banyuwangi Regency. Jurnal Administrasi Bisnis, 47(1), 1–8.

Rachmadhian, Annisa Karni dan Chaerudin, Rendra . 2019. The Impact Of Event Marketing On Building Brand Awareness For Fashion Customers. Asean Marketing Journal. Vol. 12,No.1, https://doi/org/10.21002/amj.v11i1.12097

Raharjana, D. T., & Putra, H. S. A. (2020). Penguatan SDM dalam e-Marketing untuk Promosi Desa Wisata di Kabupaten Malang Abstrak. Jurnal Nasional Pariwisata, 12(April), 1–8. Utama, I. G. B. R. (2017). Pemasaran pariwisata. Penerbit Andi.

Wulandari, D., Suroso, I., & Asbullah, A. S. (2015). Event Marketing Sebagai Strategi Meningkatkan Brand Awareness Kabupaten Jember. Bisma Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 9(1), 43–55.

Yacob, S., Qomariyah, N., Marzal, J., & Maulana, A. (2021). Strategi Pemasaran Desa Wisata. WIDA Publishing.

Putra, Nyoman Nugraha Ardana, dkk. (2019). Mengukur Kinerja BUMDesa. Mataram: Pusat Data Dan informasi Badan Penelitian Dan Pengembangan.

Ritonga, Zuriani. (2020). Buku Ajar Manajemen Strategi (Teori Dan Aplikasi). Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Suleman, Abdul Rahman, dkk. (2020). BUMDES Menuju Optimalisasi Ekonomi Desa: Cetakan pertama: Yayasan Kita Menulis.

Anggito, Albi dan Setiawan J. (2018). Metode Peneltian Kualitatif. Sukabumi: CV. Jejak.

Butler, R.W. (1980). The Concept of A Tourism Area Cycle Of Evolution: Implikationfor Managemen Resources. The Canadian Geographer

Fatikha, Annisa Citra. (2017). Reinventing Government Dan Pemberdayaan Aparatur Pemerintah Daerah. Mahasiswa Program Pascasarjana IPDN.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office :

Prosiding SENDIKO (Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer)
Published by Universitas PGRI Madiun
Managed by Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun
Address Jl. Auri 14-16 Kota Madiun Kampus III Universitas PGRI Madiun 63118
Website http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/index
Email sendiko@unipma.ac.id

e-ISSN:  3025-4604