Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Sejara dan Budaya Suku Bungku Di Kabupaten Morowali Berbasis Android

Siti Aisyah, Fitrah Eka Susilawati, Rosmiati Rosmiati

Abstract


Kabupaten Morowali yang tepatnya di Sulawesi Tengah memiliki kekayaan budaya yang telah diwariskan secara turun temurun. Tradisi yang menyangkut aspek kehidupan dipelihara dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Derasnya gelombang kebudayaan luar menyebabkan masyarakat Bungku yang kearifan lokalnya tidak terlekat erat dengan baik dibuat mudah lepas dengan keadaan tersebut. Apalagi ditambah ketiadaan tradisi tulis dan kurangya pengetahuan sejarah menjadikan masyarakat Bungku masuk dalam zona merah sebagai daerah krisis identitas budaya.Jenis penelitian yang akan digunakan adalah Research and Development (R&D). Produk yang dihasilkan dalam penelitian dan pengembangan (R&D) adalah berupa benda (software). Prosedur penelitian ini mengunakan model pengembangan ADDIE . Yang merupakan singkatan dari Analyze, Design, Development, Implementation ,Evaluation.Hasil dari penelitian ini adalah Aplikasi pengenalan sejarah dan budaya Suku Bungku di Kabupaten Morowali berbasis android. Terdiri dari tampilan halaman loading, tampilan menu utama, materi, dan profil pengembang aplikasi. Secara umum aplikasi pengenalan sejarah dan budaya suku bungku dapat dikatakan berhasil dan dapat digunakan karena suda melalui tahap pengujian oleh dosen ahli kemudian suda melaksanakan penelitian di Dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Morowali.


Keywords


Aplikasi, Android, Sejarah, Budaya Suku Bungku.

Full Text:

PDF

References


Kurniawan, Adi Jaya, and Catur Hermawan. "Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Budaya Indonesia Berbasis Android." Jurnal Penelitian Dosen FIKOM (UNDA) 10.2 (2019).

Siregar, Yanti Rahmadhani, and Rosmaini Rosmaini. "Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Pada Materi Teks Fabel Siswa Kelas VII Smp." Kode: Jurnal Bahasa 10.3 (2021).

Sugihartini, Nyoman, and Kadek Yudiana. "ADDIE sebagai model pengembangan media instruksional edukatif (MIE) mata kuliah kurikulum dan pengajaran." Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan 15.2 (2018).

Azlin, Azlin, and Lisna Wati. "RANCANG BANGUN APLIKASI PENGENALAN BUDAYA WAKATOBI BERBASIS ANDROID." Jurnal Informatika 11.1 (2022): 90-97.

Kurniawan, Adi Jaya, and Catur Hermawan. "Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Budaya Indonesia Berbasis Android." Jurnal Penelitian Dosen FIKOM (UNDA) 10.2 (2019)..

Santosah, Prayogi, and Edy Victor Haryanto. "Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Budaya Dan Aksara Hangeul Korea Dengan Audio Berbasis Android." Jurnal Mahasiswa Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer 1.1 (2020): 981-995.

Hasibuan, Fitri Andriani. "RANCANG BANGUN APLIKASI PENGENALAN BUDAYA INDONESIA BERBASIS ANDROID." Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas sains dan Tekhnologi 2.2 (2021): 110-110.

Tulenan, Virginia. "Rancang Bangun Aplikasi Word Game Scramble untuk Pengenalan Budaya Minahasa." Jurnal Teknik Informatika 11.1 (2017).

Arifudin, Hendrik Rusdian, and Budi Yanto. "Perancangan Aplikasi Pembelajaran Seni Budaya Tembang Macapat Berbasis Android." DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology 1.1 (2017): 39-45.

Ramadhan, Haris Febriyanto, Sampe Hotlan Sitorus, and Syahru Rahmayuda. "Game Edukasi Pengenalan Budaya dan Wisata Kalimantan Barat Menggunakan Metdoe Finite State Machine Berbasis Android." Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi 7.01 (2019).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office :

Prosiding SENDIKO (Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer)
Published by Universitas PGRI Madiun
Managed by Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun
Address Jl. Auri 14-16 Kota Madiun Kampus III Universitas PGRI Madiun 63118
Website http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/index
Email sendiko@unipma.ac.id

e-ISSN:  3025-4604