Analisis Keamanan Website Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Surade Dengan Pendekatan Comprehensive Website Security Assessment

Salman Alhidamkara, Ivana Lucia Kharisma, Kamdan Kamdan

Abstract


Perkembangan media informasi yang sangat pesat dan seiring dengan penggunaan website sebagai sumber informasi menjadi sangat signifikan dan telah diterapkan dalam berbagai bidang. Namun, seiring dengan peningkatan penggunaan website, keamanan pada website menjadi perhatian yang penting. Analisis celah keamanan diperlukan untuk mendeteksi ancaman di masa mendatang dan memastikan kerahasiaan, konsistensi, akurasi, validitas data, serta ketersediaan informasi, yang dikenal sebagai CIA Triad, sebagai komponen dasar keamanan informasi. Penggunaan website yang berisi informasi umum dari Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Surade, berisi juga data dan informasi sensitif berupa data sekolah dan data siswa. Situs web Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Surade berisi informasi umum tentang sekolah dan data sensitif yang terkait dengan sekolah dan siswanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi risiko keamanan yang dapat membahayakan data sensitif yang tersimpan dan untuk menganalisis hasil Penilaian Keamanan Situs Web Komprehensif dalam menilai keamanan situs web Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Surade. Hasil dari penelitian ini akan berkontribusi untuk meningkatkan kesadaran akan keamanan situs web dan membantu lembaga pendidikan lainnya dan pemerintah dalam memperkuat keamanan situs web untuk mengurangi ancaman siber di Indonesia.

Keywords


Analisis, Penilaian, Sekolah, Website, Penilaian Keamanan Website

Full Text:

PDF

References


A. M. Tania et al., “Copyright@2018. P2M STMIK BINA INSANI Keamanan Website Menggunakan Vulnerability Assessment,” INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS, vol. 2, no. 2, pp. 171–180, 2018.

B. Tasya Kumala Dewi and M. Andri Setiawan, “Kajian Literatur: Metode dan Tools Pengujian Celah Keamanan Aplikasi Berbasis Web.”

A. W. Kuncoro, J. Informatika, F. Rahma, and M. E. Jurusan Informatika, “Analisis Metode Open Web Application Security Project (OWASP) pada Pengujian Keamanan Website: Literature Review.” [Online]. Available: https://www.sciencedirect.com

A. Rochman, R. Rohian Salam, dan Sandi Agus Maulana Sekolah Tinggi Manajemen Ilmu Komputer, and S. Likmi, “DI RUMAH SAKIT XYZ,” ANALISIS KEAMANAN WEBSITE DENGAN INFORMATION SYSTEM SECURITY ASSESSMENT FRAMEWORK (ISSAF) DAN OPEN WEB APPLICATION SECURITY PROJECT, vol. 2, no. 4, 2021.

A. Zirwan, “Pengujian dan Analisis Kemanan Website Menggunakan Acunetix Vulnerability Scanner,” Jurnal Informasi dan Teknologi, pp. 70–75, Mar. 2022, doi: 10.37034/jidt.v4i1.190.

M. Fatkhurozzi, “Seminar Nasional Informatika Bela Negara (SANTIKA) Analisa Keamanan Website Menggunakan Metode Footprinting dan Vulnerability Scanning pada Website Kampus”.

A. Zirwan, “Pengujian dan Analisis Kemanan Website Menggunakan Acunetix Vulnerability Scanner,” Jurnal Informasi dan Teknologi, pp. 70–75, Mar. 2022, doi: 10.37034/jidt.v4i1.190.

Y. Mulyanto, M. Taufan Asri Zaen, and S. Sihab, “Analisis Keamanan Website SMA Negeri 2 Sumbawa Besar Menggunakan Metode Penetration Testing (Pentest),” Journal of Information System Research, vol. 4, no. 1, pp. 202–209, 2022, doi:10.47065/josh.v4i1.2335.

Y. Thurfah Afifa Rosaliah and B. Hananto, Pengujian Celah Keamanan Website Menggunakan Teknik Penetration Testing dan Metode OWASP TOP 10 pada Website SIM xxx. 2021.

B. Tasya Kumala Dewi and M. Andri Setiawan, “Kajian Literatur: Metode dan Tools Pengujian Celah Keamanan Aplikasi Berbasis Web.”


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office :

Prosiding SENDIKO (Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer)
Published by Universitas PGRI Madiun
Managed by Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun
Address Jl. Auri 14-16 Kota Madiun Kampus III Universitas PGRI Madiun 63118
Website http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/index
Email sendiko@unipma.ac.id

e-ISSN:  3025-4604