Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Inkuiri Terhadap Kemampuan Menulis Tugas Akhir Ditinjau Dari Motivasi Belajar (Eksperimen di Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun)

Edi Nyoto Setyo Marsusiadi

Abstract


Sehubungan dengan adanya tugas akhir dari mahasiswa maka agar menghasilkan penulisan karya ilmiah yang baik dan terstruktur maka diperlukan model pembelajaran yang tepatdan motivasi belajar mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan menulis tugas akhir (TA). Model pembelajaran berbasis masalah dan inkuiri dalam penelitian ini diharapkan akan memberikan pengaruh terhadap mahasiswa agar mampu berfikir secara kritis dan inovatif dalam mencari jawaban dan pemecahan dari permasalahan dilapangan untuk dituangkan dalam karya tulis ilmiah. Dari analisis statistik Anava dua arah dengan univariate of variance  yang dilakukan dihasilkan Fhitung sebesar 4,42 dengan nilai sig. 0,037 dengan taraf sig. 0,05% maka jika dibandingkan nilai sig. 0,037 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti bahwa ada interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan Motivasi Belajar dalam mempengaruhi kemampuan menulis tugas akhir.


Full Text:

PDF

References


Joyce B, Weil, M, dan Calhoun, E. (2009). Model of Teaching. Yogjakarta : Pustaka Pelajar

Kuncoro, M. (2009). Mahir Menulis : Kiat Jitu menulis Artikel Opini, Kolom dan Resensi Buku. Surabaya : Penerbit Erlangga

Redhana, I.W. (2013). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Dan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, (diterbitkan) Jilid 46, Nomor 1, April 2013 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/1694. Diunduh 03Maret 2020

Santoso, U. (2014). Kiat Menulis Artikel Ilmiah. Jogjakarta : Graha Ilmu

Sardiman, A.M. 2007. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Grafindo Persada.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Penerbit Alfabeta

Syahfitri, D. (2018). Penggunaan Metode Inkuiri Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Resmi Pada Siswa Smp Negeri 1 Padangsidimpuan. Jurnal LPPM UGN Vol. 9 No. 1C September 2018. http://jurnal.ugn.ac.id/index.php/jurnalLPPM/article/view/129. Diunduh 07 Maret 2020

Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.