PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI WORKSHOP DALAM KKG MINI DI SD NEGERI 2 KEDUNGBANTENG PONOROGO

Sunarto Sunarto, Dwi Setiyadi, Aris Wuryantoro

Abstract


Penelitian ini berjudulPeningkatan Kemampuan Guru Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Workshop dalam KKG Mini di SDN 2 Kedungbanteng Kabupaten Ponorogo.( Penelitian Tindakan Sekolah ) Tujuan penelitian untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentangpeningkatan kemampuan guru menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran melalui workshop dalam KKG mini di SDN 2 Kedungbanteng Ponorogo.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber datanya adalah informasi, peristiwa dan dokumen. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas ( kelas I-VI ) SDN 2 Kedungbanteng Ponorogo. Peristiwa yang dimaksud dalam penelitian adalah segala kegiatan penelitian tindakan sekolah oleh kepala sekolah terhadap guru dalam pembelajaran. Dokumen penelitian  adalah Recana pelaksaaan pembelajaran, Silabus, format penilaian kinerja guru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, supervisi-observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskripsi menurut Milles dan Huberman terjemahan V. Teguh Suharto, yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.  Validitas data menggunakan teknik metode trianggulasi dengan sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa  kegiatan workshop berjalan dengan baik yang didukung dengan sikap antusiasme, keaktifan dan perhatian peserta. Dan dari produk kegiatan diperoleh peningkatan kompetensi peserta dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran bermutu sesuai dengan tujuan dari penelitian tindakan sekolah.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: Aditya Media

B.Uno,Hamzah. 2019. Model Pembelajaran, Menciptakan Proses Belajar

Mengajaryang Kreatif dan Efektif, Jakarta : Bumi Aksara

Fathurrohman, Pupuh & Sutikno, M. Sobry. 2010. Strategi Belajar Mengajar_

Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Pemahaman Konsep Umum dan Islami, Bandung : Refika Aditama

Gusmarni. 2019. Jurnal PAJAR ( Pendidikan dan Pengajaran )Volume 3, Nomer 5

September 2019.http:// dx.doi.org/ 10.33578/pjr.v3i5 7860

Hanafi, Muh. Sain. 2014 Jurnal Letera Pendidikan, Volume 17, No.1 Jui 2014

Johanes, 2018.Jurnal Pena Edukasi, Volume V, No.2 Maret 2018 http://jurnal

goretanpena.com/index.php.JPE

Kemendikbud. 2016. Permendikbud Nomer 22 tentang Standar Proses Pendidikan

Muslim, 2014 .Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan, Vol.1

No.1, Juni 2014

Mahmuda, Raihan. 2015. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. Volume 4, Nomer 3,

September2015http://jurnalunp.ac.id/index.php/jupekhu

Nurzali, 2019. Jurnal PAJAR ( Pendidikan dan Pengajaran ) Volume 3 Nomer 3

Mei 2019. http://dx.doi.org/1033578/ pjr.v3i3 6997

Pane, Aprida. 2017. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu ilmu Keislaman Vol.03, o.02

Desember 2017. Web: Jurnal.iain padangsidempuan.ac.id/index.php/f

Pratiwi, Nova. dkk, 2018. Jurnal Wahana Dedikasi, Vol.1 No.2 November 2018

Pusat Bahasa Kemendikbud. 2016 .KBBI. Badan Pengembangan dan Pembinaan

Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://kbbi.web.id/belajar

html

Rinawati. 2019 Jurnal PAJAR ( Pendidikan dan Pengajaran ) Volume 3 Nomer 4

Juli 2019. http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i4.7477

Sa’bani, Faizus. 2017. Jurnal Pendidikan Madrasah, Volume 2, Nomer 1, Mei 2017

Sibuea, A.M. 2014. Jurnal Manejemen Pendidikan Indonesia Volume 6, No.2

Oktober 2014

Suharto, V. Teguh. dkk, 2013. Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan dan

PengembanganInstrumen Pengukuran. Universitas PGRI Madiun

Sulmi. 2019 Jurnal PAJAR ( Pendidikan dan Pengajaran ) Volume 3, Nomor 3,

Mei 2019. http://dx.doi.org/10.33578/pjr.u3i3 6986

Yurissa. 2019. Arti workshop. https: dosenpendidikan. Co. id

Zendrato,Juniriang.2016.TingkatPenerapanRPPdalam Pelaksanaan Pembelajaran

di Kelas .( Studi Kasus di SMA Dian Harapan Jakarta ) Jurnal Scholaria.

Vol 6 No.2, Mei 2016


Refbacks

  • There are currently no refbacks.