PENERAPAN METODE FIELD TRIP DENGAN MEDIA VIDEO DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NONFIKSI PADA SISWA SDN KARANGASRI 3 NGAWI

Winarti Winarti, Bambang Eko Hari Cahyono, Lulus Irawati

Abstract


Salah satu cara mengatasi rendahnya kemampuan menulis teks nonfiksi karena minat siswa terhadap keterampilan menulis kurang, terbatasnya kemampuan siswa dalam berimajinasi, pemberian materi yang dilakukan kurang bervariasi, sehingga siswa merasa bosan dan malas untuk menulis dalam pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia Untuk itu, peneliti melihat perlunya metode pembelajaran menulis teks nonfiksi yang dapat mengoptimalkan minat dan imajinasi siswa dengan menerapkan metode field trip dengan media video. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan dan mendeskripsikan penerpan  metode field trip dengan media video, kelebihan , serta kekurangan dari metode tersebut.  Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Karangasri 3 Ngawi. Kegiatan field trip dilakukan oleh siswa SDN Karangasri 3 Ngawi yang dikemas dalam pengenalan tempat wisata edukasi di Museum Trinil Kabupaten Ngawi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dokumentasi, pengamatan/observasi, dan wawancara.  Hasil penelitian menunjukkan terjadi suasana pembelajaran baru yang menyenangkan bagi siswa sehingga pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan, siswa lebih semangat dalam belajar dan merasa senang karena diberi tugas diskusi dan tugas menulis yang mendorong tumbuh kembangnya kemampuan berpikir kritis, mendorong siswa berani mengemukakan pendapat secara kritis melalui diskusi dan memberikan tanggapan terhadap teks yang dibaca, meningkatnya kemampuan siswa membaca melalui kegiatan menceritakan kembali isi teks nonfiksi yang di tulis, serta dapat mengembangkan daya intelektual melalui kegiatan berpikir kreatif, menyenangkan menghubungkan isi teks dengan kehidupan nyata, dan menulis ilmiah.


Full Text:

PDF

References


Ambarwati, W. (2018). Pengembangan Model Sinektik Berbantuan Media Video Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Pada Peserta Didik Di Kelas V Sd. Tarling : Journal of Language Education, 1(1), 91–103. https://doi.org/10.24090/tarling.v1i1.1125

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Astuti, Y. W., & Mustadi, A. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V Sd. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 250. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2723

Dwi Setyaningsih. (2010). Penerapan Metode Field Trip untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas VII B SMP BHINEKA Karya Boyolali Tahun Ajaran 2009/2010. Univesitas Sebelas Maret.

Hamid, P. A., & Suriansyah, A. (2019). The Relationship between Interpersonal and Emotional Intelligence on Teacher Performance. 2(1), 71–77.

Hartati, T., Darmawan, D., & Mulyasari, E. (2013). Video Streaming for Creative Writing at International Elementary School. Journal of Education and Learning (EduLearn), 7(1), 43. https://doi.org/10.11591/edulearn.v7i1.175

Kholifaturrahmah, K., & Ulfah, A. (2018). Penigkatan kemampuan menulis karangan deskripsi menggunakan Field Trip pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Dadapsari. Fundamental Pendidikan Dasar, 1(1), 223–228.

Kusumawanti, L. T., & Nartani, C. I. (2019). Peningkatan Keterampilan Memahami Informasi Teks Nonfiksi Menggunakan Metode PQ4R pada Siswa Kelas IV SDN Gondolayu. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 5(3), 667–673.

Latifah, N. N. (2020). Peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia materi teks nonfiksi melalui metode SCRAMBLE berbantu media kartu pada siswa kelas V MIN Salatiga tahun pelajaran 2019/2020 (Issue February 2019). IAIN SALATIGA.

Nurhaedah, N., & Pagarra, H. (2017). Efektivitas metode Field Trip dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi murid SD. Jurnal Retorika, 10(2), 85–88. https://doi.org/10.26858/retorika.v

Prayoga, E. A., Suwignyo, H., & Mudiono, A. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi melalui CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition ) Berbantuan Video pada Siswa SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 115–120.

Putranto, R. H., & Sismulyasih SB, N. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Laporan Pengamatan melalui Metod Think Talk Write Berbantuan Video. Joyful Learning Journal, 3(2), 1–7.

Sahulekha, D. (2013). Keefektifan Field Trip dalam Pembelajaran Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bogares Kidul 02 Kabupaten Tegal. Universitas Negeri Semarang.

Samiasih, N. P. A., Tegeh, I. M., & Sudarma, I. K. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas Viii. Jurnal EDUTECH Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v3i1.5610

Saputra, H. J., & Shofa, V. M. (2015). Keefektivan media video animasi terhadap kemampuan menulis karangan narasi dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Badungreji 02 Mranggen. SEMINAR NASIONAL PGSD 2015, 330–345.

Sidabutar, Y. A. (2019). Peningkatan menulis karangan deskripsi dengan metode Field Trip pada siswa Kelas V SDN 091537 Hutabayu. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 280–284. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/20226

Sugiyono. (2008). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfa Beta.

Sugiyono, S. (2005). Memahami penelitian kualitatif. Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.