PENERAPAN METODE KOOPERATIF LEARNING CELL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MENULIS KEMBALI ISI DONGENG PADA SISWA KELAS III SD NEGERI MORANG 05 KECAMATAN KARE KABUPATEN MADIUN

Sunyono Sunyono

Abstract


Penelitian   ini bertujuan untuk  mendeskripsikan tentang penerapan metode kooperatif learning cell dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan Motivasi Belajar Menulis Kembali Isi Dongeng Pada Siswa Kelas III SD Negeri  Morang 05 Kecamatan Kare Kabupaten Madiun. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Action Research).  Prosedur  penelitian  ini mengacu pada rancangan Stephen Kemmis dan Robin Mc Taggart  yang terdiri dari dua siklus, dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan yaitu  (1) Tahap penyusunan rencana tindakan; (2) Tahap pelaksanaan tindakan; (3) Tahap Pengamatan atau observasi; dan (4) Tahap perefleksian. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini untuk meningkatkan: (1) Keaktifan siswa dalam bertanya dan menyampaikan pendapat; (2) Keaktifan siswa bertukar pendapat antar teman; (3) Keaktifan bekerja sama dengan teman dalam satu kelompok dan (4) Keaktifan tingkat kepedulian terhadap kesulitan sesama anggota kelompok.


Full Text:

PDF

References


Depertemen Pendidikan Nasional.(2005). Pendekatan Pembelajaran Kontekstual. Malang. Depertemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendaral Pendidikan Dasar dan Menegah.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hamzah B Uno. (2006). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara

Hisyam zaini, dkk. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta. Pustaka Insan Madani.

http://dindanur13.blogspot.com/2015/08/pengertian-legenda-sage-mte.html, diakses pada 20 Juni 2019 pukul 20.15)

Isjoni. (2007). Cooperatife Learning. Malang : Perpustakaan Umum Malang.

Madya, Suwarsih. (2006). Teori dan Praktik Penelitian Tindakan Kelas (Action Research) Bandung: Afabeta

Pusat bahasa. (2008). Kamus Bahasa Indonesia.Jakarta: Depdiknas.

Sudjana, Nana. (1996). Cara belajar siswa aktif. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharjono. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.