NILAI-NILAI BUDAYA SENI KERAWITAN JAWA DAN FUNGSINYA BAGI KEHIDUPAN SOSIAL SISWA MTs DAN MA PGRI GAJAH KECAMATAN SAMBIT
Abstract
Globalisasi berdampak terhadap adanya perubahan yang dapatmemberipengaruh negatif terhadap keberadaankebudayaantermasukkesenian Karawitan Jawa, semakin banyaknya generasi muda yang kurang tanggap terhadap kebudayaan asli Indonesia yang berpengaruh pada nilai-nilai kehidupan sosial generasi muda. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Nilai-nilai budaya, menjelaskan fungsi, tujuan, pelaksanaan seni kerawitan dan menjelaskan kontribusi kegiatan seni kerawitan Jawa bagi pengembangan nilai-nilai kehidupan sosial siswa. Penelitian ini di laksanakan di MTs dan MA PGRI Gajah Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo selama 6 bulan tahun 2020. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif diskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumenter, pencatatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan dengan kegiatan seni karawitan Jawa membawa perubahan sikap siswa dengan budaya seni karawitan dan meningkatkan kehidupan sosial siswa pada perubahan sikap kejujuran, kedisiplinan, tanggungjawab, sopan santun, rasa percaya diri dengan nilai rata-rata mencapai 85% kreteria sangat baik
Full Text:
PDFReferences
Bahari, Nooryan. (2008). Kritik Seni Wacana: Wacana Apresiasi dan Kreasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rejomulyo. (2010).PengetahuanSeni Karawitan Elementer.Yogyakarta: SanggarSeniKarawitanBrantaLaras.
Purwadi Hadi Pratiwi. (2012) Kehidupan Sosial Manusia.Makalah. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132326892/pengabdian/Kehidupan+Sosial+Manusia.pdf, disampaikanpadadiskusipengembanganmateriajar. KerjasamaantaraProdiPendidikanSosiologiFISUNYdanMGMPIPSSMKKabupatenCilacap,18Januari 2012.
Sukardi. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Republik Indonesia. (2017) Undang-undang Nomer 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Sekretariat Negara. Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.