MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN KATA BAKU BAHASA INDONESIA DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN “PUZZLE KATA” PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MLARAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023

May Noer Endah Mustikasari, Panji Kuncoro Hadi, Aning Hurustianit

Abstract


Bahasa baku atau kata baku sangat dibutuhkan dalam proses hidup bermasyarakat dengan dimulai dari dasar, seperti halnya ketika berkomunikasi dalam situasi yang formal, menulis surat dinas, selain itu untuk penulisan dokumen-dokumen penting yang bersifat formal dan lain sebagainya. Permasalahan demikian membuat peneliti membuat inovasi peningkatan kemampuan penggunaan kata baku yang dimiliki peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Mlarak tahun pelajaran 2022/2023 yaitu dengan dengan media pembelajaran “puzzle kata”. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsif kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII F SMP Negeri 1 Mlarak tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 29 peserta didik. Strategi penelitian dilakukan dalam tiga siklus. Hasil analisis data diperoleh bahwa media pembelajaran “puzzle kata” dapat meningkatkan kemampuan penggunaan kata baku bahasa Indonesia. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil setiap siklus dengan melihat nilai rata-rata kelas tersebut, yaitu pada pra siklus memiliki nilai rata-rata 42, siklus 1 dengan nilai rata-rata 68, dan pada siklus 2 dengan nilai rata-rata 87.


Keywords


Kata Baku, Media Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas (PTK

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bahar & Risnawati. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD di Kabupaten Gowa. Jurnal Publikasi Pendidikan, 9(1).

Subakti, H., Permadi, Y. A., Juliana, J., Syam, S., Komalasari, D., Sultoni, A., ... & Avicenna, A. (2021). Asas Bahasa Indonesia Perguruan Tinggi. Yayasan Kita Menulis.

Kosasih, E. dan Hermawan , Wawan. (2012). Bahasa Indonesia Berbasis Kepenulisan Karya Ilmiah dan Jurnal. Bandung: Thursina.

Moleong. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Perdana, I., & Misnawati, M. P. (2019). Cinta dan Bangga Berbahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. SPASI MEDIA.

Setiawati, S. (2016). Penggunaan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dalam Pembelajaran Kosakata Baku dan Tidak Baku pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 44-51.

Sugihastuti, Siti Saudah. (2015). Buku Ajar Bahasa Indonesia Akademik.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sukiman, (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.