MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT PRIBADI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS VII-F SMP NEGERI 1 JENANGAN

Dwi Novita Fungky Purwaningtiyas, Panji Kuncoro Hadi, Yayuk Sri Rahayu

Abstract


Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya keterampilan menulis surat pribadi pada siswa kelas VII-F di SMP Negeri 1 Jenangan Ponorogo. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis surat pribadi menggunakan media audio visual pada kelas VII-F di SMP Negeri 1 Jenangan. Sasaran penelitian ini ialah siswa kelas VII-F dengan jumlah 30 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian diawali dengan tahap persiapan, pelaksanaan dan penyelesaian. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dan pengamatan yang dilakukan yang terdiri tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II sebagai berikut. Pada tahap prasiklus siswa mendapatkan nilai rata-rata 72 nilai tersebut belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pada siklus I nilai rata-rata naik, yaitu pada angka 78. Kemudian, sebesar 85 nilai rata-rata pada siklus II. Presentase kenaikan ketuntasan belajar secara berututan pada tiap siklus yaitu; 50%, 73,3%, dan 93%. Kesimpulannya yaitu hasil pembelajaran dalam pembelajaran surat pribadi menggunakan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis dengan baik dan kreatif.


Keywords


menulis, surat pribadi, audio visual

Full Text:

PDF

References


Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan Desember, 2(2), 127–133. http://umbidharma.org/jipp

Kustandi. (2011). Media Audio Visual. Bogor: Ghalia.

Nurjamal, Daeng. (2011). Terampil Berbahasa Menyusun Karya Tulis Akademik, Memandu Acara (MC-Moderator), dan Menulis Surat. Bandung: Alfabeta.

Rivai, Ahmad & Nana Sudjana. (2005). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Riana, R., & Hulu, L. S. P. (2022).

Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Dinas Melalui Model Cooperative Learning. Educativo:Jurnal

Pendidikan, 1(2), Page: 552–558. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2. 76

Sukiman. (2011). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Pembimbing. Yogyakarta: Paramita Publishing.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wibowo dan Mardawani. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Pribadi Menggunakan Media Audio Visual. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1). https://doi.org/10.31932/jpdp.v2i1.8


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.