KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN SISTEM TATAP MUKA TERBATAS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PILANGKENCENG, KABUPATEN MADIUN
Abstract
Pembelajaran Bahasa Indonesia ditujukan guna meningkatkan kemampuan siswa menjadi benar dalam lisan maupun tulisan dan menumbuhkan apresiasi pada karya sastra manusia Indonesia. Pandemi Covid-19 mendorong adanya perubahan sistem pembelajaran menjadi tatap muka terbatas yang dilaksanakan secara tatap muka dengan batasan waktu dan jumlah siswa serta guru yang melaksanakan pembelajaran di kelas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan dan hambatan yang terjadi selama pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Sistem Tatap Muka Terbatas pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pilangkenceng, Kabupaten Madiun.
Penelitian kualitatif ini dilaksanakan dengan metode deskriptif dan memanfaatkan teknik triangulasi pada uji keabsahan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni (1) Observasi; (2) Wawancara dengan narasumber guru pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia dan 4 siswa perwakilan dari kelas VIII-A dan VIII-B; (3) Angket dengan responden seluruh siswa kelas VIII-A dan VIII-B; dan (4) Dokumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berjalan dengan efektif yang dibuktikan dengan tercapainya tiga aspek (1) Perubahan sikap siswa dan guru ke arah yang lebih baik; (2) Peningkatan partisipasi siswa selama pembelajaran di kelas yang menjadi lebih aktif; (3) Peningkatan prestasi belajar siswa yang dilihat pada peningkatan nilai siswa selama pelaksanaan Penilaian Tengah Semester. Terjadi hambatan yang terdiri dari dua aspek (1) Keterbatasan waktu pembelajaran di kelas sehingga mempengaruhi penyampaian dan pemahaman materi; (2) Sikap beberapa siswa yang menunjukkan aktivitas negatif. Akan tetapi hambatan tersebut telah berhasil diatasi oleh guru sehingga pembelajaran dapat tetap berjalan dengan baik dan efektif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung; PT. Remaja Rosdakarya.
Endarwati, Lilik. (2020). Pengaruh Pembelajaran Remedial dengan Pendekatan Tes Diagnostik terhadap Ketuntasan Belajar Matematika Siswa di SMP Negeri 1 Kecamatan Bungkal: Skripsi (online), (http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5483, diunduh 20 Juni 2022).
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung; Pustaka Setia.
Herdiyanto, Rahmad. (2019). Hubungan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS SD Negeri 2 Badransari Tahun Ajaran 2019/2020: Skripsi (Online), (http://lib.unnes.ac.id/1239/1/2127.pdf, diunduh 13 Juli 2022).
Mendikbudristek, Menag, Menkes, & Mendagri. 2021. Keputusan Bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 05/KB/2021, Nomor 1347 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/MENKES/6678/2021, Nomor 443-5847 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi CoronaVirus Disease 2019 (Covid-19). Jakarta: Kemendikbudristek, Kemenag, Kemenkes, dan Kemendagri.
Menteri Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Menteri Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Nidawati. (2020). Penerapan Peran dan Fungsi Guru dalam Kegiatan Pembelajaran. Dalam Fakhrul Rijal (Eds.), PIONIR Jurnal Pendidikan (Vol. 9, No. 2, Hlm. 136-153). Banda Aceh: Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan PW PERGUNU Aceh.
Razaq, A. (2014). Interaksi Pembelajaran Efektif untuk Berprestasi. Dalam Hurriah Ali Hasan (Eds.), Jurnal Pilar (Vol. 5, No. 2, Hlm. 15-26). Makassar: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar dan LP3M Unismuh Makassar.
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini (Vol. 9, edisi 1, hlm. 15-32). Jakarta: Pendidikan Usia Dini UNJ dan LPPM UNJ.
Rubiyah. (2011). Pengaruh Sikap Siswa dalam Proses Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Pekanbaru: Skripsi (online), (http://repository.uin-suska.ac.id/2291/1/2011_2011466.pdf, diunduh 13 Juli 2022).
Saadi, Fransiska., Halidjah, Siti., & Kartono. (2013). Peningkatan Efektivitas Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Menggunakan Media Tepat Guna di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Toho. Dalam Venny Karolina (Eds.), Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Khatulistiwa (Vol. 2, No. 7, Hlm. 1-18). Pontianak: Pengajaran dan Pendidikan Universitas Tanjungpura.
Sanjani, Maulana Akbar. (2020). Tugas dan Peranan Guru dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. Dalam Dewi Rulia (Eds.), Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan (Vol. 6, No. 1, Hlm. 35-42). Binjai: STKIP Budidaya Binjai.
Setyosari, Punaji. (2014). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Dalam Saida Ulfa (Eds.), Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran (Vol. 1, No. 1, Hlm. 20-30). Malang: Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang dan APS TPI.
Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung; Alfabeta.
Waraulia, Asri Musandi. (2013). BANK KATA: Ide Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Widyabastra (Vol. 1, No. 2, Hlm. 19-25). Madiun: Universitas PGRI Madiun.
Yestiani, Dea Kiki & Zahwa, Nabila. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Dalam Ittihad (Eds.), Fondatia (Vol. 4, No. 1, Hlm. 41-47). Lombok Timur: Pendidikan Guru Madrasah Ibditaiyah (PGMI) STIT Palapa Nusantara Lombok.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.