UNSUR-UNSUR BUDAYA DALAM NOVEL “SEGI TIGA” KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO MELALUI PENDEKATAN SOSIOLOGI SASTRA

Ersha Amanda Purmana, Bambang Eko Hari Cahyono, Eni Winarsih

Abstract


Budaya dengan kehidupan manusia sulit untuk dipisahkan, di zaman sekarang budaya-budaya sudah mulai luntur. Oleh sebab itu tujuan penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan unsur-unsur budaya dalam novel “Segi Tiga” karya Sapardi Djoko Damono, dan 2) mendeskripsikan makna unsur-unsur budaya dalam novel “Segi Tiga” karya Sapardi Djoko Damono dengan pendekatan sosiologi sastra. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik baca dan catat. Sumber data penelitian ini adalah novel “Segi Tiga” karya Sapardi Djoko Damono. Instrumen yang digunakan yaitu korpus data untuk mencatat data yang diperlukan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Unsur-unsur budaya yang ada dalam novel “Segi Tiga” karya Sapardi Djoko Damono yaitu 1) sistem religi (keagamaan dan keyakinan), 2) sistem organisasi kemasyarakatan (tata krama perilaku dan kebiasaan masyarakat), 3) sistem mata pencaharian (di Kota Solo dan Kota Jogja), 4) sistem pengetahuan (ilmu pengetahuan pendidikan dan ilmu pengetahuan dasar), 5) sistem teknologi dan peralatan hidup masyarakat (alat elektronik/komunikasi dan kendaraan), 6) sistem seni (seni tari dan seni pertunjukan), yang terakhir yaitu sistem bahasa (bahasa Jawa dan bahasa kekinian). 2. makna unsur-unsur budaya yang ada dalam novel “Segi Tiga” karya Sapardi Djoko Damono dengan pendekatan sosiologi sastra yaitu sistem religi, sistem organisasi kemasyarakatan, sistem mata pencaharian, sistem pengetahuan, sistem teknologi dan peralatan hidup, sistem seni, dan sistem bahasa semua unsur-unsur budaya tersebut berkaitan dengan sosiologi pengarang, sosiologi pembaca, dan sosiologi karya sastra.


Keywords


Novel Segi Tiga, Unsur-Unsur Budaya, Sosiologi Sastra

Full Text:

PDF

References


Gunawijaya, I Wayan T. (2019). Makna Filosofis Upacara Metatah dalam Lontar Eka Prathama. VIDYA DARSAN: Jurnal Mahasiswa Prodi Filsafat Hindu STHN Mpu Kuturan Singaraja, Vol. 1, No. 1, Edisi November 2019:78-86.

Mansur, R. (2019). Sumbangsih Kebudayaan Pada Manusia Dalam Perspektif Islam. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 4, Nomor 1:114-124.

Nuraeni, D. (2017). Struktur Wacana dalam Novel Rindu Karya Tere Liye. Jurnal Diksatrasia, Vol. 1. No. 2, Edisi Agustus 2017:39-51.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, Vol. 17, No. 33, Januari-Juni 2018:81-95.

Sidiq, U, M.M. Choiri, dan A. Mujahidin (ed). (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.

Wiyatmi. (2013). Sosiologi Sastra. Jakarta: Kanwa Publisher.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.