NILAI MORAL DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL “ JIKA KITA TAK PERNAH JADI APA- APA” KARYA ALVI SYAHRIN

Ulfa Nurjannah, V. Teguh Suharto, Dedy Richi Rizaldy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan bentuk-bentuk Nilai Moral dalam Novel “Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa- Apa” Karya Alvi Syahrin. 2 ) mendeskripsikan bentuk-bentuk nilai pendidikan dalam novel “Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa- Apa” Karya Alvi Syahrin. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Sumber data adalah novel “ Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-Apa” Karya Alvi Syahrin yang diterbitkan oleh gagasmedia tahun 2019 dengan tebal 229 halaman. Sedangkan datanya berupa kutipan (kata, frasa, dan kalimat atau paragraf) yang menunjukkan nilai moral dan nilai pendidikan dalam novel “ Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa- Apa” Karya Alvi Syahrin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik pustaka. Analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis) dengan proses pembacaan berulang, pengumpulan dan pengklasifikasian data, pemaparan dan dan analisis data, serta pengecekan ulang dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan tiga tahapan dalam prosedur penelitian, yaitu dimulai dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan dilanjut tahap penyelesaian. Teori yang digunakan adalah teori sosiologi sastra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam novel  Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa- Apa”  terdapat tiga bentuk nilai moral yaitu 1) Hubungan Manusia dengan Tuhan, 2) Hubungan Manusia dengan diri sendiri, dan 3) Hubungan Manusia dengan manusia lain. terdapat bentuk- bentuk nilai pendidikan yaitu 1) Nilai Kecakapan Intelek 2) Kreatif 3) Religius.


Keywords


Nilai Moral, Nilai Pendidikan, Novel “Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa- Apa”

Full Text:

PDF

References


Hamid. (2012). Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung : Alfabeta,

Ismawati. (2013). Pengajaran Sastra. Yogyakarta : Penerbit Ombak.

Indrawan. (2017). Metedologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan campuran untuk manajemen, pembangunan dan pendidikan. Bandung : PT Refika Aditama.

Jakobson. (2013). Metodologi Kritik Sastra. Yogyakarta : Penerbit Ombak.

Purwadi. (2009). Sejarah Sastra. Yogyakarta : Panji Pustaka.

Pujiharto. (2012). Pengantar teori fiksi. Yogyakarta : Penerbit Ombak.

Patlima. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Ratna. (2017). Sastra dan Cultural Studies Representasi Fiksi dan Fakta. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif , R & D. Bandung : Alfabeta.

Syamsudin. (2006). Meteode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Doni. (2022). Nilai Pendidikan dalam Novel Hanter Karya Syifauzzahra dan relevansinya sebagai pembelajaran sastra di SMA. Kredo. Jurnal ilmiah Bahasa dan Sastra. Vol.5, No. 2, Edisi April 2022 : 481-484.

Nurhandayani,Ika. (2022). Nilai Pendidikan pada Novel Si Putih karya Tereliye dan Pemanfaatannya sebagai Media Pembelajaran di SMA. Jurnal Literasi. Vol.6, No. 1, Edisi April 2022 : 137- 140.

Narauliya, Husna.(2022). Nilai Moral dalam Novel 9 Matahri Karya Adenita. Jurnal Diksatrasia. Vol.6, No.1, Edisi Januari : 21-24.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.