PENGGUNAAN ADVERBIA PADA NOVEL SENJA DAN PAGI KARYA ALFFY REV DAN LINKA ANGELIA

Nindy Eka Wahyuningtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan dan menjelaskan jenis-jenis adverbia dalam novel Senja dan Pagi Karya Alffy Rev dan Linka Angelia, serta 2) mendeskripsikan dan menjelaskan struktur adverbia dalam novel Senja dan Pagi Karya Alffy Rev dan Linka Angelia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan teori sintaksis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik pustaka. Analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis) dengan proses pembacaan berulang, pengumpulan dan pengklasifikasian data, pemaparan dan analisis data, serta pengecekan ulang dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan tiga tahapan dalam prosedur penelitian, yaitu dimulai dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan dilanjut tahap penyelesaian. Teori yang digunakan adalah hegemoni perspektif Antonio Gramsci.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam novel Senja dan Pagi terdapat jenis dan struktur adverbia. Hasil penelitian selanjutnya menunjukkan terdapat 16 jenis adverbia dan dua struktur adverbia berupa tataran frasa dan klausa


Keywords


Adverbia, Novel Senja dan Pagi karya Allfy Rev dan Linka Angelia

Full Text:

PDF

References


Alffy, Angelia, L. 2019. Senja dan Pagi. Jakarta: Loveable x Bhumi Anoma.

Alwi, H., Dardjowidjojo, S., Lapoliwa, H., & Moeliono., A.M. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.

Chaer, A. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A. 2015. Sintaksis Bahasa Indonesia: Pendekatan Proses. Jakarta: Rineka Cipta.

Jabrohim. 2017. Teori Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Khairah, M., Sakura, R. 2015. Sintaksis: Memahami Satuan Kalimat Perspektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Marliana, M. A., Agustina, A., & Ngusman, N. (2018). Adverbia Penanda Aspek Dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi. Jurnal Bahasa dan Sastra, 5(2), 114-122.

Masnun, M. (2018). Teori Linguistik dan Psikologi dalam Pengajaran Bahasa Arab di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 172-204.

Mujiyanto, Tan. (2011). Penstrukturan Klausa Interpersonal dalam Penerjemahan Novel Berbahasa Inggris. Lingua Jurnal Bahasa dan Sastra, 7(1), 45-64

Najihah, Mu’allimatin. (2015). Frasa Eksosentris dalam Novel Sebelas Patriot Karya Andrea Hirata. Naskah Publikasi: Universitas Muhammadiyah Surakarta

Rahayu, I. (2014). Analisis bumi manusia karya pramoedya ananta toer dengan pendekatan mimetik. Deiksis Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1).

Rosyidah, Ulfa dkk. (2021). Kajian Frasa dalam Novel Trauma Karya Boy Candra. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA. 3(01), 10-20

Sudarmini, S. (2017, December). ADVERBIA JUMLAH DALAM TEKS TERJEMAH ALQURAN: KAJIAN FUNGSI DAN KATEGORI. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia (Vol. 1, No. 1).

Sudarmini, S., Markhamah, M., Ngalim, A., & Muinuddinillah, M. (2017). Adverbia Sangkalan dalam Teks Terjemah Alquran: Kajian Fungsi dan Kategori.

Susanti, W., Agustina, A., & Manaf, N. A. (2018). Adverbia dalam Novel Angkatan Pujangga Baru: Novel Layar Terkembang Karya Sutan Takdir Alisjah-bana dan Novel Belenggu Karya Armijn Pane. Jurnal Bahasa dan Sastra, 6(1), 119-129.

Wouthuyzen, M. (2021). Adverbia dalam Bahasa Jepang dan Padanannya dalam Bahasa Indonesia. Jurnal SORA, 5(1), 70-88.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.