ANALISIS PENGGUNAAN KONFIKS PADA KARYA TULIS ILMIAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 JOGOROGO NGAWI TAHUN AJARAN 2021/2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan bentuk-bentuk penggunaan dan fungsi konfiks pada karya tulis ilmiah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jogorogo Ngawi Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode dekriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah kata yang mengalami proses afiksasi khususnya konfiks. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jogorogo Ngawi. Metode pengumpulan data dengan teknik simak dan teknik catat. Hasil penelitian ini di analisis secara deskriptif dengan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini yaitu, (1) terdapat beberapa bentuk penggunaan afiksasi khususnya konfiks atau simulfiks dalam hasil karya tulis ilmiah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jogorogo Ngawi yakni konfiks ke-an, konfiks pe-an, konfiks per-an, konfiks ber-an, dan konfiks se-nya. Bentuk dasar dari proses afiksasi tersebut juga beragam yakni bentuk dasar berupa kata sifat, kata kerja, kata benda, dan kata bilangan. (2) penggunaan kata yang mengalami proses afiksasi konfiks ke-an berjumlah 42 data. Fungsi konfiks ke-an yakni pembentuk kata benda, pembentuk kata kerja pasif, serta pembentuk kata sifat. (3) penggunaan kata yang mengalami proses afiksasi konfiks pe-an berjumlah 23 data. Fungsi pe-an yakni membentuk kata benda dari kata lain yang bukan berasal dari kata benda (4) penggunaan kata yang mengalami proses afiksasi konfiks per-an berjumlah 21 data. Fungsi konfiks per-an yakni membentuk kata benda dari jenis kata lain yang bukan kata benda (5) penggunaan kata yang mengalami proses afiksasi konfiks ber-an berjumlah 15 data. Fungsi konfiks ber-an yakni sebagai bentuk kata kerja (6) penggunaan kata yang mengalami proses afiksasi konfiks se-nya berjumlah 2 data. Bentuk konfiks atau simulfiks se-nya itu biasanya melekat pada kata sifat, fungsinya membentuk kata keterangan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bachri, B. S. (2010). "Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif." Teknologi Pendidikan, 10(1), 46 –
Endah, Y. &. (2008)."Model Pembelajaran Elemen Elemen Inkuri dalam Peningkatan Kompetensi Menulis Karya Tulis Ilmiah Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Semarang." 37(1),
–75.
Fannies, S. A. (2016). "Analisis Kesulitan Menulis Karya Ilmiah Sederhana Siswa Kelas IX SMPN 3 Singosari.". Cendekia, 10(1), 19–
Nurfauziah, A. S., & Latifah, L. (2019). "Analisis Kemampuan Afiksasi Pada Hasil Menulis Teks Ulasan Siswa Smp Kelas VIII". Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(2), 277–284.
Rohmadi, dkk.2014. MORFOLOGI Telaah Morfem dan Kata. Surakarta: yuma pustaka.
Rijali, A. (2019). "Analisis Data Kualitatif." Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33),81.
https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i 33.2374
Sulistiani, E. (2020). "Keefektifan Model Discovery Learning dalam Menganalisis Fungsi dan Makna Afiksasi pada Mata Kuliah Morfologi." Diglosia, 4(2), 194–201. http://lib.unnes.ac.id/21287/.
Surya, G. G. (2016). "Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bimbingan dan Konseling." Jurnal Fokus Konseling,2(2). http://ejournal.stkipmpringsewulpg.ac.id/ index.php/fokus/a
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.