STRATEGI PENGENALAN BAHASA EKPRESIF PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TK INKLUSI NGABAR DENGAN MEDIA FLASH CARD

Aziz Sulthon Rosyadi, V. Teguh Suharto, Asri Musandi Waraulia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Perencanaan strategi pembelajaran pengenalan bahasa ekpresif pada anak berkebutuhan khusus di TK PAS Baitul Qur’an Inklusi Ngabar, 2) Pelaksanaan strategi pembelajaran pengenalan bahasa ekpresif pada anak berkebutuhan khusus di TK PAS Baitul Qur’an Inklusi Ngabar, 3) Hasil pencapaian belajar strategi pengenalan bahasa ekpresif pada anak berkebutuhan khusus di TK PAS Baitul Qur’an Inklusi Ngabar. Lokasi dalam penelitian ini adalah TK PAS Baitul Qur’an Inklusi Ngabar, Kec. Siman, Kab. Ponorogo. Subjek dari penelitian ini adalah siswa-siswi TK PAS Baitul Qur’an Inklusi Ngabar. Objek kajian dalam penelitian ini adalah penerapan media pembelajaran flash card. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yaitu dengan mendiskripsikan suatu kedalam alamiah mengenai penerapan media pembelajaran flash card pada anak berkebutuhan khusus di TK Inklusi Ngabar. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Validitas yang digunakan adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah siswa dapat mengenal, memahami, dan mengucapkan makna gambar. Media pembelajaran flash card dapat dijadikan sebagai peningkatan pembelajaran bagi anak berkbeutuhan khusus (ABK) yang efisien di TK PAS Baitul Qur’an Inklusi Ngabar, Kec. Siman, Kab. Ponorogo.


Keywords


Anak Berkebutuhan Khusus, Bahasa Ekpresif, Flash Card

Full Text:

PDF

References


Delphie, Bandi. (2009). Pembelajaran Anak Berkebtuhan Khusus Dalam Setting Pendidikan Inklusi. Klaten. PT Intan Sejati.

Hotimah Empit. (2010). Penggunaan Media Flash Card dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas II MI Ar-Rochman Semarang Garut. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 4(1) 10-18.

Saputri Dwi Citraningwulan Martha dan Sri Widayati. (2016). Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekpresif Melalui Kegiatan Bermain Peran Makro pada Kelompok A. CORE: Jurnal Paud Teratai. Vol 05 nomor 03 tahun 2013.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R dan D. Bandung. ALBABETA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.