IMPLIKATUR PERCAKAPAN TOKOH DALAM FILM SINGLE 2 KARYA RADITYA DIKA

Lutvika Dwi Puspita Sari, Wahyuningsih Wahyuningsih, Dhika Puspitasari

Abstract


Penelitian ini menganalisis tentang Implikatur Percakapan Tokoh dalam Film Single 2 Karya Raditya Dika. Penelitian ini menjawab dua pokok rumusan masalah yaitu 1) jenis-jenis implikatur percakapan tokoh yang terdapat dalam film Single 2 karya Raditya Dika, dan 2) fungsi implikatur yang terdapat dalam film Single 2 karya Raditya Dika. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak catat. Sumber data yang digunakan adalah film Single 2 karya Raditya Dika. Validasi data yang digunakan adalah trianggulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kajian teori. Prosedur penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bahan-bahan penelitian, pengumpulan data, analisis data, dan laporan akhir. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Jenis implikatur yang terdapat dalam film Single 2 karya Raditya Dika yaitu 1) Implikatur Konvensional terdapat 2 temuan data, 2) Implikatur Nonkonvensional terdapat 74 temuan data. 2. Fungsi implikatur yang terdapat dalam film Single 2 karya Raditya Dika 78 data dan dibagi menjadi 4 fungsi yaitu sebagai 1) Memberi pernyataan terdapat 49 temuan data, 2) Memberi pertanyaan terdapat 14 temuan data, 3) Memberi perintah terdapat 5 temuan data, 4) Memberi seruan terdapat 10 temuan data.

 


Keywords


Implikatur;Tokoh;Film

Full Text:

PDF

References


Arifianti, I. (2018). Implikatur Konvensional dan Non Konvensional Tuturan Pengunjung Kawasan Lawang Sewu Semarang Jawa Tengah. Pena Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 32(1), 44-52.

Chaer, A (2014). Linguistik umum. Jakarta: Rineka Cipta

Han, M. I. (2018). Representasi Konflik Ibu Tunggal dan Anak dalam Film Susah Sinyal. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 12(2), 241-256.

Moleong, L.J (2014:6). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Nawangsih, P. E. (2021). Implikatur Percakapan dalam Film Yowis Ben The Series (Kajian Pragmatik). Jurnal Baradha: Jurnal Pengembangan Bahasa, Sastra, dan Budaya Jawa, 17(1).

Nugroho, R. A. (2007). Analisis implikatur percakapan dalam tindak komunikasi di kelompok teater Peron FKIP UNS. Makalah Perkuliahan Pragmatik, Surakarta.

Rena, I. K. D. K., Darmawiguna, I. G. M., & Sunarya, I. M. G. (2014). Pengembangan Film Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X Pada Kompetensi Memberikan Kritik Terhadap Informasi Dari Media Cetak Dan Atau Elektronik Di SMA Negeri 1 Tejakula Tahun Ajaran 2013/2014. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 3(5), 389-395.

Sadapotto, A., & Hanafi, M. (2016). Kesantunan Berbahasa dalam Perspektif Pragmatik.

Wahyuningsih, H., & Rafli, Z. (2017). Implikatur Percakapan dalam Stand Up Comedy 4. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 16(2), 139-153.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.