Kajian Dampak Pelaksanaan MBKM di Prodi PTE UNIPMA

Umi Kholifah, Pramudya Ardi, Chusnul Khotimah

Abstract


Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dirancang untuk meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills, agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman, menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian. Program Studi Pendidikan Teknik Elektro UNIPMA yang memiliki komitmen untuk terus meningkatkan kompetensi lulusan ikut berpatisipasi pada program ini. Bentuk Kegiatan Pembelajaran yang diterapkan yaitu Magang/Praktek Kerja, Kegiatan Wirausaha, Studi/Proyek Independen, Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan dan Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik. MBKM telah berjalan selama tiga periode dan membutuhkan evaluasi yang berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tingkat pemahaman dan persepsi mahasiswa PTE UNIPMA terhadap pelaksanaan MBKM selama tiga periode yang telah berjalan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei. Instrumen penelitian berupa angket yang diadaptasi dari SPADA-DIKTI. Dari subyek penelitian yang berjumlah 24 mahasiswa peserta MBKM selama tiga periode diperoleh respon positif terhadap semua item pertanyaan. Banyak saran dari mahasiswa terkait dengan pendanaan untuk proses belajar di luar prodi agar dapat berjalan maksimal

Full Text:

PDF

References


Aris Junaidi, D. (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi.

Elektro, P. T. (2020). Kurikulum KSKI MBKM PTE.

Firdaus, A. (2020). Revitalisasi SMK Menuju Tuntutan Keterampilan Abad 21. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 132–139. https://doi.org/10.30653/003.202062.126

Hastangka. (2014). Doktrin Filsafat Politik Jokowi Dan Janji Nawacita ( Mengurai Gagasan Revolusi Mental ) 1 Oleh Abstrak Pendahuluan Istilah revolusi mental mulai dikenal dalam wacana politik di Indonesia ketika Jokowi maju dalam pemilihan presiden Republik Indonesia tahun. 39–44.

Hayati. (2021). Evaluasi Peserta Magang Di Instansi Pemerintahan Dengan Metode Bekerja Di Rumah (Studi Kualitatif Sebagai Persiapan Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Jp3Sdm, 10(2), 54–71.

Meke, K. D. P., Astro, R. B., & Daud, M. H. (2021). Dampak Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 675–685. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1940

Pangruruk, F. A., Siregar, B., Illya, G., Arifin, A., & Agatha, D. A. (2022). Analisis Hasil Survei Kebijakan dan Implementasi Medeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas Matana. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(2), 2331. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i2.6262

Permono, P. S., Baskora, R., Putra, A., Anggita, G. M., Nugroho, E., & Kunci, K.(2021). SINTA-S4 accredited. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 6(2), 95–103. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jscpehttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jscpe

Puspitasari, R., & Nugroho, R. (2021). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Fisip Upn Veteran Jawa Timur. Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 11(2), 276–292. https://doi.org/10.33005/jdg.v11i2.2539

Riduwan. (2015). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Alphabeta.

Setyawati, Y., Sugiharto, F. B., Rosyana, J., & Cahyanto, B. (2021). Pengaruh MBKM Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. MOTORIC (Media Of Teaching-Oriented and Children), 5(2), 311–318.

Sintiawati, N., Fajarwati, S. R., Mulyanto, A., Muttaqien, K., & Suherman, M. (2022). Partisipasi Civitas Akademik dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Jurnal Basicedu, 6(1), 902–915. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2036

Sudaryanto, S., Widayati, W., & Amalia, R. (2020). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 9(2), 78–93. https://doi.org/10.24114/kjb.v9i2.18379

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif & R&D. Penerbit Alfabeta.

Suhartono, O. (2021). Kebijakan merdeka belajar dalam pelaksanaan pendidikan di masa pandemi covid-19. Ar-Rosikhun, 1(1), 8–19. https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/alrosikhuun/index%0AP

Sukardi. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi Dan Praktiknya. Bumi Aksara.

Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 203–219. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108

Takdir, M., Sani, K. R., Hasdinawati, Juniati, S. R., & Arifin, Z. (2021). Polemik Implementasi Program Magang MBKM Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sinjai. Al Qisthi : Jurnal Sosial Dan Politik, 11(2), 22–35.

Tuti Marjan Fuad. (2021). konsep merdeka belajar kampus merdeka ( MBKM: aplikasinya dalam pendidikan biologi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3, 2013–2015.

UNIPMA, P. (2021). KURIKULUM PTE MBKM.

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718

Zuhrohtun, Z., Heriningsih, S., Sunaryo, K., & Sriyono, S. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Collaboration with BUMDes

Sari Dewi, Maguwoharjo, Sleman. RSF Conference Series: Business, Management and Social Sciences, 1(3), 411–418. https://doi.org/10.31098/bmss.v1i3.370


Refbacks

  • There are currently no refbacks.