Efektivitas Pelaksanaan Praktik Industri yang Dilakukan Peserta Didik terhadap Dunia Pendidikan

Resti Nurul Hanifah

Abstract


“Praktik Industri” sering disebut dengan nama lain seperti PRAKERIN (Praktik Kerja Industri), PKL (Praktik Kerja Lapangan) menyiapkan kemandirian untuk bekerja dan berwirausaha . Praktik Industri juga merupakan salah satu hak belajar di luar program studi dalam paket kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Dalam prosesnnya terdapat 3 Tahapan agar Praktik Industri Efektif (1) Perencanaan Praktik Industri berupa bimbingan serta konsultasi kepada dosen pembimbing “Praktik Industri” dan merivisi apabia terjadi ketidaksesuaian antara permasalahan yang ada dengan apa yang akan peneliti sampaikan (2) Pelaksanaan Praktik Industri terjadi setelah proses perencanaan matang, peneliti mulai mengobservasi tempat penelitian secara langsung sesuai dengan instruksi yang telah didiskusikan, dan mulai melakukan pencatatan dari permasalahan secara langsung (3) Evaluasi Hasil Penelitian Praktik Industri dengan melakukan pemindaian data, pemilahan serta menganalisa data yang diperoleh untuk kemudian dilakukan evaluasi tahap akhir.

Full Text:

PDF

References


Muhson. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Pendidikan Akuntansi Indonesia, VIII(2).

Panduan Magang Pendidikan Tinggi Vokasi. (2020). 1–34.

Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010. (2010).

Roesmaningsih; Susarno; Hadi, L. (2015). Teori dan Praktik Pendidikan. Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan.

Sadani, S. P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Aurora 3D Presentation pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X OTP di SMK Negeri 1 Jombang. (JPAP), 1(1), 1–13.

Subandi. (2011). Deskripsi Kualitatif Sebagai Satu Metode Dalam Penelitian Pertunjukan. HARMONIA, 11(2), 173–179.

Suharyadi, C. (2013). Evaluasi Pelaksanaan Program Praktik Kerja Industri (Prakerin) Siswa Smk Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan Di Kota Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Undang -Undang nomor 12 tahun 2012. (2012).

Unit Praktik Pengalaman lapangan dan Magang Universitas PGRI Madiun. (2017). Unipma.Ac.Id. upplm.unipma.ac.id/tugaspokok

Widodo, H. (2016). Potret Pendidikan Di Indonesia Dan Kesiapannya Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (Mea). Cendekia: Journal of Education and Society, 13(2), 293. https://doi.org/10.21154/cendekia.v13i2.250


Refbacks

  • There are currently no refbacks.