Profil Kemampuan Kognitif Siswa SMK Pada Materi Gerak Melingkar

Ella Agustina, Jeffry Handhika

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui profil kemampuan kognitif siswa SMK pada materi gerak melingkar. Dalam pembelajaran fisika, siswa juga harus memperoleh pengalaman berpikir melalui kebiasaan berpikir. Kemampuan kognitif merupakan salah satu kemampuan berfikir yang mencakup tentang mengingat, memahami, menggunakan, bahkan sampai pada memecahkan masalah pada sesuatu permasalahan yang memang harus dilakukan. Penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan one-soot case study design. Sampel penelitian adalah 12 orang siswa kelas X yang dipilih dengan teknik sampling purposive. Instrumen penilaian berupa tes yang bisa mengukur kemampuan kognitif siswa pada ranah C1 (menyebutkan), C2 (menjelaskan), C3 (mengurutkan), C4 ( memecahkan), dan C5 (mengabstraksi). Data dioalah dengan teknik analisis deskriptif persentase. Dari analisis tersebut dapat dikatakan bahwa kemampuan kognitif siswa yang diuji dengan soal pilihan ganda tersebut masih rendah terpaku pada ranah kognitif C2 yang dikategorikan soal dengan ranah kognitif paling mudah yakni sebesar 28,3 %.


Keywords


Profil, kemampuan kognitif, materi gerak melingkar.

Full Text:

PDF

References


AECT. (1997). Definisi Teknologi. Jakarta: Rajawali.

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasi Teknologi. Bandung.

Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: KENCANA Prenamedia Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.