Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pendidikan Fisika Pada Materi Momentum Dan Impuls Berdasarkan Pemahaman Konsep

Endah Dwi Styani, Purwandari Purwandari

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah merupakan hal penting yang sangat diperlukan dalam menyelesaikan permasalahan Fisika. Salah satunya pada materi Momentum dan Impuls. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah mahasiswa Pendidikan Fisika pada materi momentum dan impuls berdasarkan pada pemahaman konsep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subyek penelitian ini adalah 12 mahasiswa pendidikan fisika semester VI Universitas PGRI Madiun Tahun Pelajaran 2017/2018 ysng dipilih secara random. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan dua instrument yaitu tes tulis berupa soal uraian dan wawancara. Jawaban pada soal uraian dianalisis perbutir soal sesuai dengan indicator kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, kemampuan pemecahan masalah berdasarkan pemahaman konsep mahasiswa pendidikan fisika pada materi momentum dan impuls masuk pada kategori rendah. Hal terebut dapat dibuktikan dari bayaknya mahasiswa yang masuk pada kategori rendah dengan persentase yang rendah pula pada indikator memahami masalah dan menyelesaikan masalah sesuai dengan rencana yang telah dibuat.


Keywords


Profil Kemampuan, Pemecahan Masalah, Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.