Profil Kesulitan Belajar Pokok Bahasan Listrik Dinamis Siswa SMK

Sri Wahyuni, Jeffry Handhika

Abstract


Fisika merupakan cabang dari ilmu pengetahuan alam yang memiliki peranan dalam perkembangan teknologi di masa depan. Dalam proses mempelajarinya siswa tentunya akan menemukan kesulitan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui profil kesulitan belajar fisika pada pokok bahasan listrik dinamis siswa SMK. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kuantitatif non eksperimental dengan rancangan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini siswa SMK sebanyak 15 siswa dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik sederhana dan teknik diagnosis analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar siswa terletak pada sub pokok bahasan Kuat Arus Listrik, Hukum Ohm, Hambatan penghantar, dan hukum Kirchoff. Kesulitan belajar listrik dinamis disebabkan oleh rendahnya penguasaan konsep, kemampuan perhitungan matematis siswa, dan kurangnya kemampuan dalam mengkonversi satuan.


Keywords


Profil, Kesulitan Belajar, Listrik Dinamis

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMPdan Alternatif Proses Remidinya. Yogyakarta : Pusat Pengembangan danPemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Rusilowati, A. 2006. Profil Kesulitan Belajar Fisika Pokok Bahasan Kelistrikan Siswa SMA di Kota Semarang, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 4(2), 100-106.

Sudjana, N., & Ibrahim. 2009. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Yogantari, P. 2015. Identifikasi Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Fisika. In SeminarNasional Fisika dan Pembelajaran 2015,Fakultas Matematika dan Ilmupengetahuan Alam UNM.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.