Analisis Uji Kelayakan E-LKPD Berbasis Audiovisual Pada Materi Gerak Parabola

Arum Pursilasari, Farida Huriawati, Mislan Sasono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan (valid dan reliabel) E-LKPD berbasis audiovisual pada pokok bahasan gerak parabola. Instrumen penelitian berupa lembar validasi E-LKPD berbasis audiovisual. Subjek dari uji validasi instrumen yaitu lima guru fisika di tingkat SMA. Penilaian validitas diperoleh dari lembar validasi untuk mengetahui kevalidan E-LKPD berbasis audiovisual pada materi gerak parabola. Terdapat enam aspek/indikator penilaian dalam lembar validasi E-LKPD berbasis audiovisual yaitu: (1) aspek tampilan media, (2) aspek penggunaan kualitas bentuk-bentuk, ukuran, dan warna gambar, (3) aspek kesesuaian permasalahan dengan tujuan pembelajaran, (4) aspek permasalahan yang dapat dipecahkan peserta didik, (5) aspek kesesuaian tingkat kesukaran permasalahan dengan perkembangan peserta didik, dan (6) aspek penggunaan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami. Hasil uji validitas E-LKPD berbasis audiovisual menggunakan Content Validity Indeks (CVI) dinyatakan valid dengan nilai Mean I-CVI 0,83 dan uji reliabilitas menggunakan alpha Cronbach dengan nilai sebesar 0,703 dinyatakan reliabel. Maka dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis audiovisual pada materi gerak parabola layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam penelitian lebih lanjut.


Keywords


Uji Kelayakan; E-LKPD; Audiovisual; Gerak Parabola

Full Text:

PDF

References


Munthe, E. M., & Sinuraya, J. B. (2019). Uji Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 27-35.

Pabri, M., Medriati, R., & Risdianto, E. (2022). Uji Kelayakan E-LKPD Berbasis Kontekstual Berbantuan Liveworksheet untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis di SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 638-651.

Rahayu, S., & Rahmawati, T. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Kebutuhan Informasi Caregivers Keluarga (K-KICK). Jurnal Kebidanan dan Keperawatan, 838-844.

Safitri, W., Budiarso, A. S., & Wahyuni, S. (2022). Uji Kelayakan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 60-70.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.