Profil Gaya Belajar Siswa SMPN 1 Jiwan

Bayu Ajie Al Azhar, Tantri Mayasari, Farida Huriawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai kecenderungan gaya belajar siswa SMP Negeri 1 Jiwan. Hasil Penelitian ini dimaksudkan untuk assesmen  awal dalam pengembangan media pembelajaran berbasis gaya belajar. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah survey dengan angket gaya belajar  yang dikembangkan sendiri dari rumusan Neil Fleming tentang gaya belajar. Menurut Neil Fleming ada 4 jenis kecenderungan gaya belajar, yaitu Visual, Audiotory, Read/Write, dan Kinestetik. Berdasarkan pada hasil penelitian menunjukkan tidak ada siswa yang secara mutlak hanya mengandalkan satu gaya belajar. Gaya belajar siswa menunjukkan kombinasi dari keempat gaya belajar. Media pembelajaran berbasis gaya belajar dimaksudkan untuk memfasilitasi kebutuhan siswa yang beragam ini. Penelitian dilakukan  pada siswa   kelas   VII karena pemetaan kebutuhan siswa memang seharusnya dimulai dari awal siswa  masuk ke sebuah sekolah.


Keywords


gaya belajar; visual; auditory; read/write; kinestetik; media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Azhar, B. A., & Mayasari, T. (2023). Penelitian Pendahuluan Kecenderungan Gaya Belajar Siswa. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA IX 2023 , 2-3.

Cahyono, H. (2019). FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA MIN JANTI. JDPP Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran , 2-3.

Irawan, A. (2022). Kreativitas Guru Dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. SKULA Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah , 199-200.

Lestari, S., & Djuhan, M. W. (2021). ANALISIS GAYA BELAJAR VISUAL, AUDIOTORI DAN KINESTETIK DALAM PENGEMBANGAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia , 81-81.

Saswati, S., Ainin, D. Q., Ronanarasafa, & Rahadianti, D. (2023). HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN GAYA BELAJAR VARK DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ISLAM AL-AZHAR. Nusantara Hasana Journal , 62-63.

Sirait, J. E. (2021). Analisis Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Keberhasilan Pembelajaran Di Sekolah Dasar Bethel Tanjung Priok Jakarta Utara. DIEGESIS: Jurnal Teologi , 56-57.

Wahyuni, Ulpah, M., & Oktaviani, A. G. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Visual, Aural, Read / Write, Kinesthetic. PROSIDING SANTIKA 2: SEMINAR NASIONAL TADRIS MATEMATIKA UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID (pp. 224-224). Purwokerto: UIN


Refbacks

  • There are currently no refbacks.