"Effectiveness of Google Sites Learning Media on Vibration and Wave Material at SMA Negeri 3 Sukoharjo"

Aryachiyah Aufa Wafro, Aliya Rahma Azzahrah

Abstract


Tujuan yang dilakukanya penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang pemahaman konsep fisika dalam materi getaran dan gelombang bagi siswa kelas XI Fase F di SMA Negeri 3 Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo sebelum dan sesudah menggunakan mediapembelajaran berbasis web google sites dalam proses pembelajaran di dalam kelas.Pengambilan sampel dilakukan melalui purposive sampling, dengan menggunakan instrumen berupa tes pemahaman konsep, observasi, dan angket penilaian siswa. Teknik analisis kuantitatif diterapkan untuk menilai tingkat pemahaman siswa. Hasil penelitian mengungkapkan adanya perbedaan pemahaman konsep fisika pada materi getaran dan gelombang, sebelum diterapkanya media pembelajaran berbasis web google sites dengan nilai rata-rata sebesar 61,94 dan setelah penerapan media pembelajaran berbasis web google sites diperoleh hasil dengan nilai rata-rata sebesar 74, 17. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis yang diterima dalam meningkatkan pemahaman konsep fisika pada materi getaran dan gelombang bagi siswa kelas XI Fase F di SMA Negeri 3 Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo.

Keywords


learning media, web google sites, understanding vibrations and waves.

Full Text:

PDF

References


Ali Muhson. (2010). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS

TEKNOLOGI INFORMASI. Jurnal pendidikan akuntansi indonesia. 8(2), 1-4.

Dian.K, Habib Husnial.P, & Alfira, M.A. (2017). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA

SISWA DENGAN STIKER BERGAMBAR PADA MATERI LINGKARAN.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan. 8(1),

Fiana.M, Nurlaela.M, & Saprudin. (2023). Pengembangan Konten E-Modul Interaktif Materi

Getaran dan Gelombang Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan

Fisika. 11 (1), 94-100.

Hermansyah, Gunawan, & Lovy H. (2015). PENGARUH PENGGUNAAN LABORATORIUM

VIRTUAL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN

BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG.

Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(2), 98-99

I Ketut Mahardika, Subiki et all. (2022). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA

PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEBSITE GOOGLE SITES PADA

MATERI HUKUM NEWTON DI SMA ISLAM AL-HIDAYAH JEMBER. Khazanah

Pendidikan. 15(1), 31-41

Irnin.A, Ria.A, & Dandan.L, (2017) Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile

Learning berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan

Fisika. 3(1), 60-62.

M Takdir, Zulkifli.N, Handy. F. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN

BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATA KULIAH DESAIN PESAN. Academy

of Education Journal.14(2), 758.

Muh Ali Safwan B. (2022). ANALISIS KEPRAKTISAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE

BSITES BERBASIS WEB PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE

DI MAN 1 KOTA GORONTALO. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha. 12(2), 211-

Novemby.K.P, & Yuberti.U.H. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis web

google sites materi hukum Newton pada gerak benda. 1(3), 133 – 141.

Ratih Mayang, S. Effendi, et all. (2020). Implementasi Model Point-Counter-Point (PCP)

pada Hasil Belajar Siswa Materi Getaran dan Gelombang. U-Teach: Journal

Education of Young Physics Teacher.1(1), 29-33.

Yulia Novera, (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA Di SMP N 3

Kecamatan Pangkalan. Journal Educative: Journal of Educational Studies. 4(2),

-123.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.