Development of Problem Based Learning e-Module Assisted by Google Sites on Heat and Thermodynamics

Aliya Rahma Azzahrah

Abstract


Penggunaan e-modul era digital mendukung penerimaan materi peserta didik secara mandiri dan memenuhi kemudahan akses. Penelitian ini mengembangkan produk berupa e-Modul Problem Based Learning Google Sites Materi Kalor Termodinamika. Tujuan penelitian ini adalah membuat e-modul yang memenuhi karakteristik e-modul yang baik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model penelitian pengembangan Four-D, meliputi define, design dan development. Modul elektronik ini memuat tulisan, gambar/animasi dan video pembelajaran tentang materi Kalor dan Termodinamika yang terdiri dari pendahuluan, capaian pembelajaran, pembelajaran dan soal evaluasi. Kegiatan belajar disajikan dengan pendekatan saintifik melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang dilengkapi dengan petunjuk alur kegiatan belajar, lembar kerja, materi dalam bentuk tulisan dan video. Modul elektronik pembelajaran berbasis masalah ini dibuat dengan memanfaatkan web Google Site. Hasil validasi oleh ahli valid dengan kriteria sangat baik dari segi materi, media dan bahasa serta memenuhi karakteristik e-modul yang baik.


Keywords


e-module, google sites, problem based learning, heat, thermodynamics

Full Text:

PDF

References


Admelia, M., Farhanam N., & Agustiana, S. (2021). Efektifitas penggunaan aplikasi Canva dalam pembuatan modul pembelajaran interaktif Hypercontent di Sekolah Dasar Al Ikhwan. Kacanegara Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 177-186.

Erlinawati, C. E., Bektiarso, S., & Maryani. (2019). Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM pada Pembelajaran Fisika. In Jember: FKIP E-Proceeding.

Fitriyani, Yuliani, H., & Rohmadi, M. (2020). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Bermuatan Nilai-Nilai Karakter Islami Pada Materi Fisika. In Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya).

Halim, A. (2019). Hubungan Antara Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Numerik dengan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri Gowa. Unismuh Repository.

Harefa, D., Sarumuha, M., & Fau, A. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325-332.

Ilhami, D., Koto, I., & Medriati, R. (2022). Identifikasi Pengetahuan Siswa Kelas XI Melalui Tes Diagnostik Four-Tier tentang Fluida Dinamis Setelah Pembelajaran dalam Jaringan. Amplitudo: Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika, 1(2), 202-207.

Juliani, H., Setiawan, I., & Putri, D. H. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media crocodile physic terhadap penguasaan konsep fisika materi Usaha dan Energi di SMAN 1 Bengkulu Tengah. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 85-92.

Mayanty, S., Astra, I. M., & Rustana, C. E. (2020). Efektifitas Penerapan e-Modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Navigation Physics, 2(2), 98-105.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019.

Pramana, M. W., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2), 17-32.

Rizaldi, R., Syahwin, & Hasanah, U. (2023). Validitas E-Modul Praktikum Fisika SMA Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(2), 322-328.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.