Creation of E-Modules Via Google Sites on Global Warming Material
Abstract
Google Sites merupakan platform online untuk membuat website edukasi yang mudah diakses dan dibagikan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis Problem Based Learning materi Pemanasan Global untuk siswa SMA Fase E dan mengetahui hasil validasi e-modul yang telah dibuat. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development). Pembuatan modul elektronik berbantuan Google Sites melalui tiga tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pembuatan, dan tahap penyelesaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul elektronik Problem Based Learning berbantuan Google Sites pada materi pemanasan global tergolong valid dan layak digunakan dalam pembelajaran Fisika. Modul ini dapat diakses dengan mudah oleh siswa melalui berbagai perangkat elektronik, serta mendukung pembelajaran yang aktif dan kolaboratif melalui model Problem Based Learning.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggereni, S., Rismawati, & Ashar, H. (2019). Perbandingan pengetahuan prosedural
menggunakan model discovery terbimbing dengan model inquiry terbimbing. Jurnal
Pendidikan Fisika, 7(2), 156–161.
Arikunto, S. (2013). Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Asih, D. A. S. (2017). Pengembangan modul komik fisika pada pokok bahasan hukum
kepler di SMA kelas XI. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 13–21.
https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1331
Dinata, D., & Yuliani, H. (2022). Studi literatur penerapan model pembelajaran discovery
learning pada mata pelajaran fisika di pembelajaran SMP. Jurnal Pendidikan Dan
Pembelajaran IPA Indonesia, 12(2), 49–55.
Harsanto, B. (2017). Inovasi pembelajaran di era digital: menggunakan google sites dan
media sosial. Unpad Press. UNPAD Press
Maryati, I. (2018). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pola
bilangan di kelas VII sekolah menengah pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan
Matematika, 7(1), 63–74. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.342
Mutiara, W., N, Y. B. P., & Anggraeni, Z. D. (2020). Media pembelajaran fisika berbasis
web menggunakan google sites pada materi listrik statis. FKIP E-Proceeding, 5(1),
–59.
Nafiah, Y. N., Suyanto, W., & Yogyakarta, U. N. (2014). Penerapan model problem-based
learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.
Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125–143.
Ningsih, P., & Bukit, N. (2022). Pengaruh penggunaan media pembelajaran google sites
terhadap hasil belajar siswa SMA pada materi hukum newton. Jurnal Pendidikan
Fisika Volume, 11(2), 97–105.
Putri, A. F., Naila, I., & Afani, K. D. A. (2023). Pengembangan media google sites berbasis ethno sains pada mata pelajaran IPAS sekolah dasar. SAP (Susunan Artikel
Pendidikan), 7(3).
Putri, I. S., Juliani, R., & Lestari, I. N. (2017). Pengaruh model pembelajaran discovery
learning terhadap hasil belajar siswa dan aktivitas siswa. Jurnal Pendidikan Fisika,
(2), 94.
Sevtia, A. F., Taufik, M., & Doyan, A. (2022). Pengembangan media pembelajaran fisika
berbasis google sites untuk meningkatkan kemampuan penguasaan konsep dan
berpikir kritis peserta didik SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1167–1173.
https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.743
Refbacks
- There are currently no refbacks.