Creation of E-Modules Via Google Sites on Global Warming Material

Anin Tyas Febri Antika, Sasna Syifa Ardiyana

Abstract


Google Sites merupakan platform online untuk membuat website edukasi yang mudah diakses dan dibagikan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis Problem Based Learning materi Pemanasan Global untuk siswa SMA Fase E dan mengetahui hasil validasi e-modul yang telah dibuat. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development). Pembuatan modul elektronik berbantuan Google Sites melalui tiga tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pembuatan, dan tahap penyelesaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul elektronik Problem Based Learning berbantuan Google Sites pada materi pemanasan global tergolong valid dan layak digunakan dalam pembelajaran Fisika. Modul ini dapat diakses dengan mudah oleh siswa melalui berbagai perangkat elektronik, serta mendukung pembelajaran yang aktif dan kolaboratif melalui model Problem Based Learning.


Keywords


E-Modul, Google Sites, Pemanasan Global, Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Anggereni, S., Rismawati, & Ashar, H. (2019). Perbandingan pengetahuan prosedural

menggunakan model discovery terbimbing dengan model inquiry terbimbing. Jurnal

Pendidikan Fisika, 7(2), 156–161.

Arikunto, S. (2013). Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Asih, D. A. S. (2017). Pengembangan modul komik fisika pada pokok bahasan hukum

kepler di SMA kelas XI. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 13–21.

https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1331

Dinata, D., & Yuliani, H. (2022). Studi literatur penerapan model pembelajaran discovery

learning pada mata pelajaran fisika di pembelajaran SMP. Jurnal Pendidikan Dan

Pembelajaran IPA Indonesia, 12(2), 49–55.

Harsanto, B. (2017). Inovasi pembelajaran di era digital: menggunakan google sites dan

media sosial. Unpad Press. UNPAD Press

Maryati, I. (2018). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pola

bilangan di kelas VII sekolah menengah pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan

Matematika, 7(1), 63–74. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.342

Mutiara, W., N, Y. B. P., & Anggraeni, Z. D. (2020). Media pembelajaran fisika berbasis

web menggunakan google sites pada materi listrik statis. FKIP E-Proceeding, 5(1),

–59.

Nafiah, Y. N., Suyanto, W., & Yogyakarta, U. N. (2014). Penerapan model problem-based

learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.

Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125–143.

Ningsih, P., & Bukit, N. (2022). Pengaruh penggunaan media pembelajaran google sites

terhadap hasil belajar siswa SMA pada materi hukum newton. Jurnal Pendidikan

Fisika Volume, 11(2), 97–105.

Putri, A. F., Naila, I., & Afani, K. D. A. (2023). Pengembangan media google sites berbasis ethno sains pada mata pelajaran IPAS sekolah dasar. SAP (Susunan Artikel

Pendidikan), 7(3).

Putri, I. S., Juliani, R., & Lestari, I. N. (2017). Pengaruh model pembelajaran discovery

learning terhadap hasil belajar siswa dan aktivitas siswa. Jurnal Pendidikan Fisika,

(2), 94.

Sevtia, A. F., Taufik, M., & Doyan, A. (2022). Pengembangan media pembelajaran fisika

berbasis google sites untuk meningkatkan kemampuan penguasaan konsep dan

berpikir kritis peserta didik SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1167–1173.

https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.743


Refbacks

  • There are currently no refbacks.