Development of Smartphone-based Practical Tools for Sound Intensity Levels

Silvia Laeli, Ulil Khasanah, Supardi Supardi

Abstract


Kegiatan praktikum sangat membantu dalam proses pembelajaran fisika materi gelombang bunyi. Namun, alat praktikum fisika yang tergolong mahal dan sulit ditemukan menjadi salah satu faktor penghambat implementasi kegiatan praktikum ini. Dengan berkembangnya teknologi, sektor pendidikan juga harus bersikap adaptif terhadap modernisasi yang ada. Alat praktikum berbasis smartphone dapat dijadikan alternatif pembelajaran fisika yang praktis. Penelitian ini mengembangkan alat praktikum taraf intensitas bunyi berbasis smartphone berbantuan aplikasi frequency generator dan sound level meter. Metode penelitian yang digunakan adalah Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (ADDIE). Berdasarkan proses validasi dan uji coba produk hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa alat praktikum taraf intensitas bunyi berbasis smartphone sangat layak digunakan.


Keywords


Praktikum Fisika; Pendidikan Fisika; Taraf Intensitas Bunyi; Smartphone

Full Text:

PDF

References


Alfriansa Agustina, Anggara Setya Saputra, Devit Bagus Indranika, Suryoto, Oti Kusumaningsih, Johar Mamuri, & Emiraldo Win Pazqara. (2022). Increasing Digital Literacy in Realizing Golden Indonesia. East Asian Journal of Multidisciplinary Research, 1(10), 2091–2108. https://doi.org/10.55927/eajmr.v1i10.1920

Anam, K. (2023). Paling Rendah di ASEAN, Tingkat Literasi Digital RI Cuma 62%. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230214171553-37-413790/paling-rendah-di-asean-tingkat-literasi-digital-ri-cuma-62

Dinawati, N. C., Safitri, N., Yuliani, H., & Azizah, N. (2022). Pelaksanaan Praktikum Fisika Kelas X Di Smk Muhammadiyah Palangka Raya. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 130–141. https://doi.org/10.37478/optika.v6i2.1936

Eliezanatalie, S., & Deta, U. A. (2023). Needs Analysis of Physics Learning Media Integrated Local Wisdom. International Journal of Research and Community Empowerment, 1(2), 39–45. https://doi.org/10.58706/ijorce.v1n2.p39-45

Geladze, D. (2015). Using the Internet and Computer Technologies in Learning / Teaching Process. 6(2), 67–70.

Harwood, S., & Eaves, S. (2020). Conceptualising technology, its development and future: The six genres of technology. Technological Forecasting and Social Change, 160(January), 120174. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2020.120174

Legi, H., Damanik, D., & Giban, Y. (2023). Transforming Education Through Technological Innovation In The Face Of The Era Of Society 5.0. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 102–108. https://doi.org/10.55904/educenter.v2i2.822

Lestari, S. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemanfaatan Tik Oleh Guru. Jurnal Kwangsan, 3(2), 121. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v3i2.29

Liwun, K. B., Ecing, F. Y., Pora, E. M., Astro, R. B., & Ika, Y. E. (2022). Penentuan Koefisien Tumbukan Menggunakan Aplikasi Phypox. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 17(3), 226. https://doi.org/10.35580/jspf.v17i3.26878

Lumban Gaol, C. A., & Simanjuntak, S. (2023). Analisis Kesulitan Guru Menerapkan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran di SD Negeri 08 Bilah Hilir Labuhan Batu T.A 2022/2023. Journal on Education, 6(1), 2441–2448. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3267

Malik, R. S. (2018). Educational Challenges in 21St Century and Sustainable Development. Journal of Sustainable Development Education and Research, 2(1), 9. https://doi.org/10.17509/jsder.v2i1.12266

Qomariyah, N., Wirawan, R., Minardi, S., Alaa’, S., & Yudi Handayana, I. G. N. (2020). PENDALAMAN KONSEP FISIKA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BERBASIS MIKROKONTROLER PADA SISWA SMA. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1). https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3225

Rahmah, N., Iswadi, Asiah, Hasanuddin, & Syafrianti, D. (2020). Faktor Dan Solusi Terhadap Kendala Praktikum Biologi Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(4), 84–95.

Retnawati, H. (2016). Heri Retnawati 9 786021 547984.

Suwandi, F. F., Supraptono, E., & Anis, S. (2023). Development of a management guide module for vocational secondary school concrete workshop practical tools and materials. Journal of Vocational and Career Education, 8(1), 58–67. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jvce/article/view/49772

Torre, L. B. D. La. (2018). Using ADDIE instructional model design in the creation of learning module on purposive communication course. International Journal of Engineering Research and Reviews, 6(3), 28–37. www.researchpublish.com

Tursinawati. (2016). Penguasaan Konsep Hakikat Sains dalam Pelaksanaan Percobaan pada Pembelajaran IPA di SDN Kota Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 2(4), 72–84.

Walil, K., Suryawati, I., & Akmal, N. (2021). Practicum-Based Inquiry Learning to Improve Learning Outcome of Students at Senior High School. Al-Ishlah: Jurnal …, 13(2), 1503–1514. http://journal.staihubbulwathan.id/index.php/alishlah/article/view/741

Widya Sari, D. (2022). Meta-Analysis of the Effect of Using Problem Solving Models To Physics Student Achievement. 15(4), 260–266.

Zulfikar, Z., Rustana, C. E., & Indrasari, W. (2020). Pengembangan Alat Pengukur Cepat Rambat Bunyi Menggunakan Sensor Ultrasonik Sebagai Media Pembelajaran Fisika Sma. IX, 33–38. https://doi.org/10.21009/03.snf2020.02.pf.05


Refbacks

  • There are currently no refbacks.