Cybergogy: Konsep dan Implementasi Model Pembelajaran Fisika sebagai Sarana Self Determined Learning

Mislan Sasono

Abstract


Perkembangan basis teknologi pada masa revolusi industri 4.0 berdampak bagi dunia pendidikan. masalah ini sesuai dengan kebutuhan teknologi untuk mendukung pembelajaran adanya perubahan dan disrupsi teknonogi yang ada maka dunia Pendidikan juga mengalami perubuhan tersebut yang dikemas dalam pembelajaran baik berupa pembelajaran jarak jauh, pembelajaran virtual, blended learning maupun menciptakan lingkungan belajar virtual yang berpusat pada peserta didik, otonom, dan kolaboratif. Tujuannya adalah untuk mengetahui apa konsep self determined learning dalam konteks pembelajaran jarak jauh dan penggunaan media virtual sebagai bentuk pemanfaatan melalui pembelajaran cybergogy sebagai sarana self determined learning. Metode yang digunakan adalah Riset kepustakaan mengkaji informasi terkini untuk belajar mandiri dengan memanfaatkan teknologi yang dikemas dalam lingkungan belajar virtual untuk menciptakan pembelajaran mandiri dan kolaboratif dalam menyongsong adanya perubahan revolusi industry 4.0 dan revolusi Pendidikan 4.0.

Berdasarkan kajian dapat disimpulkan bahwa tidak semua pihak adalah guru yang baik dan para siswa dapat mempraktikkan pembelajaran atau mengkemas pembelajaran dalam lingkungan virtual, minimnya sarana dan kompetensi serta literasi teknologi guru dalam membangun lingkungan belajar dengan memenfaatkan tenologi dengan baik untuk membentuk kompetensi abad 21 sesuai dengan kerangka kurikulum dan era disrupsi teknologi yang ada, serta proses pendidikan dan pembelajaran tidak menawarkan media-media yang menarik dan mengkaji faktor serta karakteristik siswa dalam pembelajaran untuk membentuk learner yang tangguh dan memiliki kompetensi sesuai tujuan pembelajaran nasional yaitu 4C (Critical Thinking, Create, Communication, and Collaboration) sehingga muncul self determined learning pada siswa agar pembelajaran selain tidak monoton juga meaningfull. Penerapan teknologi sebagai perwujudan Konsep hetagogi, peeragogi, dan cybergogi sangat berguna dalam pembelajaran yang menfaatkan teknologi untuk menciptakan pembelajaran yang efektif. Dari sisi siswa, kemandirian belajar harus dikaitkan adanya motivasi belajar, emosi positif, dan manajemen waktu yang terkontrol serta baik dan mendapatkan dukungan berbagai lingkungan yang ada meliputi seperti perhatian dari orang tua dalam keluarga dan lingkungan masyarakat atau sosial dalam mewujudkan kemandirian siswa dalam proses pembelajaran melalui penggunaan teknologi atau media virtual. 


Keywords


revolusi industri 4.0; media pembelajaran; self determined learning.

Full Text:

PDF

References


Alexander, B., Allison, P., Barondeau, R., Breitbart, D., Burroughs, S., Corneli, J., . . . Fernanda, M. (1995). with contributions from. Lemoine, G. Corey, T. Johnson, B. Orlikowski, A. Berning, A. Degli-Esposti, C. Rist, P. Dagdigian, B. Pouilly, G. van der Sanden, M. Yang, F. de Weerd, S. Gregurick, J. Klos, and F. Lique, HIBRIDON is a package of programs for the time-independent quantum treatment of inelastic collisions and photodissociation.

Azizah, L., Kurniati Asri, W., & Mannahali, M. (2020). Development of Learning Media for Listening Skills of German Language Based on Web DaF (Deutsch als Fremdsprache) for Students High School in Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 4(1), 113-121.

Blaschke, L. M. (2012). Heutagogy and lifelong learning: A review of heutagogical practice and self-determined learning. The International Review of Research in Open and Distributed Learning, 13(1), 56-71.

Blaschke, L. M., & Hase, S. (2016). Heutagogy: A holistic framework for creating twenty-first-century self-determined learners. The future of ubiquitous learning: Learning designs for emerging pedagogies, 25-40.

Chaeruman, U. A. (2020). Ruang belajar baru dan implikasi terhadap pembelajaran di era tatanan baru. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 142-153.

Effendi, E., Mursilah, M., & Mujiono, M. (2018). Korelasi Tingkat Perhatian Orang Tua dan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(1), 17-23.

Glassner, A. (2019). Heutagogy (self-determined learning): New approach to student learning in teacher education. Educația Plus, 24(SI ISAT), 40-44.

Hanik, E. U. (2020). Self directed learning berbasis literasi digital pada masa pandemi covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(1), 183.

Hase, S., & Kenyon, C. (2013a). The nature of learning. Self-determined learning: Heutagogy in action, 19-35.

Hase, S., & Kenyon, C. (2013b). Self-determined learning: Heutagogy in action: A&C Black.

Holzer, J., Lüftenegger, M., Käser, U., Korlat, S., Pelikan, E., Schultze‐Krumbholz, A., . . . Schober, B. (2021). Students' basic needs and well‐being during the COVID‐19 pandemic: A two‐country study of basic psychological need satisfaction, intrinsic learning motivation, positive emotion and the moderating role of self‐regulated learning. International Journal of Psychology, 56(6), 843-852.

Hudaa, S., Bahtiar, A., & Nuryani, N. (2020). Pemanfaatan Teknologi untuk Pengajaran Bahasa Indonesia di Tengah Pandemi Covid-19. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 9(2), 384-385.

Jatim, B. (Producer). (2020). WhatsApp Paling Diminati untuk Pembelajaran Online. Retrieved from https://bbpmpjatim.kemdikbud.go.id/site/detailpost/whatsapp-paling-diminati-untuk-pembelajaran-online

Kharisma, G. I., & Arvianto, F. (2019). Pengembangan aplikasi android berbentuk education games berbasis budaya lokal untuk keterampilan membaca permulaan bagi siswa kelas 1 SD/MI. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 203-213.

Khonitan, D., & Utami, B. N. (2019). Motivasi generasi muda dalam menyongsong revolusi industri 4.0 melalui pendidikan bidang pertanian di sekolah tinggi penyuluhan pertanian malang. Jurnal Sains Psikologi, 8(1), 162-170.

Kustijono, R. (2011). Implementasi student centered learning dalam praktikum fisika dasar. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 1(2), 19-32.

Lee, E., & Hannafin, M. J. (2016). A design framework for enhancing engagement in student-centered learning: Own it, learn it, and share it. Educational technology research and development, 64, 707-734.

Legault, L. (2020). Need for Competence, The. Encyclopedia of personality and individual differences, 3128-3129.

Nashir, M., & Laili, R. N. (2021). English teachers’ perception toward the switch from offline to online teaching during lockdown in the midst of COVID-19 outbreak. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(2), 250-260.

Pranoto, H. (2010). Analisis dan Perancangan Website Pembelajaran Bahasa Secara Mandiri di Self Access Language Learning Center Bina Nusantara. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 1(2), 834-842.

Prathamie, R. R. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Keterampilan Menyimak pada Materi L'identité Menggunakan Adobe Flash Cs6 Berbasis Mobile Application Bersistem Operasi Android untuk Siswa Kelas X. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. In: Skripsi S1. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis, FBS UNY ….

Prathamie, R. R., Lustyantie, N., & Setiadi, S. (2022). Media Pembelajaran sebagai Sarana Self Determination Learning pada Konteks Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Basicedu, 6(3), 3830-3839.

Rozi, F., Putri, M. W., & Wijaya, M. R. A. (2021). E-Learning System For Physical Education In IAIN Salatiga Using Google Classroom. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(2), 270-277.

Septianisha, N. I., Anggraeni, K. D., Hilda, N. R., Azhar, M. S., & Ulya, V. H. (2021). Cybergogy: Konsep dan Implementasi dalam Pembelajaran Matematika. Paper presented at the ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan).

Sihombing, L. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar PKN Siswa Kelas VII. 4 Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Teknik Keliling Kelas Di SMP Negeri 21 PekanBaru. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 84-90.

Susilawati, S., Ristanto, S., & Khoiri, N. (2015). Pembelajaran real laboratory dan tugas mandiri fisika pada siswa smk sesuai dengan keterampilan abad 21. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(1), 73-83.

Utami, N. S. A., & Rahmawati, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukatif Teka-Teki Silang Akuntansi Berbasis Android sebagai upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 2 Magelang Tahun Ajaran 2017/2018. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 7(3).

Zubaidah, S. (2020). Self Regulated Learning: Pembelajaran dan Tantangan pada Era Revolusi Industri 4.0. Paper presented at the Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.