Development Four Tier-Test to Identify Student’s Misconceptions

Agung Sasmita, Tantri Mayasari, Erawan Kurniadi

Abstract


Guru sangat berpengaruh terhadap penguasaan konsep siswa. Salah satu hal yang harus diatasi oleh guru agar siswa mampu menguasai konsep adalah miskonsepsi. Maka dari itu artikel ini membahas mengenai miskonsepsi pada materi listrik dinamis. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan soal tes diagnostic four tier-test materi listrik dinamis untuk mengukur dan mengidentifikasi berapa tingkat miskonsepsi yang dimiliki oleh peserta didik. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluate). Penggunaan model ADDIE pada penelitian ini terbatas yaitu, Analysis, Design, Development.  Tahap analisis peneliti melakukan studi literatur terhadap beberapa sumber. Tahap design peneliti merumuskan hasil studi literatur dalam bentuk indikator capain soal. Tahap development peneliti mengembangkan indikator berbentuk soal pilihan ganda yang disediakan 5 opsi jawaban serta ada CRI (Certainty Ratio Index) dimana di setiap jawaban dan alasan pesera didik akan memilih tingkat keyakinan terhadap jawaban mereka. Produk akhir penelitian ini berupa soal 4 tier test.


Keywords


Miskonsepsi; four tier test; listrik dinamis

Full Text:

PDF

References


Akmali, A. A. (2018). Kontruksi Four-Tier Test Untuk Menggidentifikasi Level dan Penyebab Miskosepsi Pada Materi Kalor. Jurnal Kependidikan, 2, 274-284.

Annisak, W. (n.d.). Pengembangan Instrumen Identifikasi Miskonsepsi fisika pada materi listrik dinamis melalui CRI ( Certainty of Response Index) Berbasis Web. EduFisika.

Azzarkasyi, M., Halim, A., & Ilyas, S. (2015). Dampak Penggunaan media Simulasi Phet Untuk meminimalkan Kuantitas miskonsepsi Diswa Pada Pembelajaran Listrik Dinamis. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia ( Indonesian Journal Of Science Education), 3(1), 107-113.

Caloen, I. S., & Subraniam , R. (2010). Do students's know and what they don't know? Using A four-tier test to Asses The Nature Of Student's. 313-337.

Dendodi, D., & Hamdani, H. (2020). Pengembangan Tes Diagnostik Four Tier-Test Dilengkapi Dengan Self-Diagnosis Sheet Tentang Energi di SMA. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pembelajran Fisika, 1(1) 8-16.

Dolan, E. (2010). Recent Researchin Science Teaching and Learning. In CBE-Life Science Education (pp. 76-77).

Hermita, d. (2016). Identifikasi misonsepsi padamateri listrik statis pada mahasiswa calon guru sekolah dasar. Prosidingseminar Nasional Pendidikan Dasar, 1, pp. 335-338.

Krisna,B, Tandililing,E, & Arsyid, S.B. (2019). 2019. Deskripsi Miskonsepsi Peserta Didik Pada Materi Pemanasan Global di SMA Negeri 1 Serawai, 12 , Jurnal Pendiikan Khatulistiwa(JPPK).

Kurniawan, P. (2017). Studi latar sosio kultural terhadap mahasiswa Bojonegoro di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Universitas Islam Negeri Maukana MAlik Ibrahim.

Loupatty, M., Zahroh, S., & Nikat, R. (2021). Kajian Pendekatan Multirepresntasi Dalam konteks Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 1(2), 45-53.

Nugraeni, D., Jamzuzi, J., & Sarwanto, S. (2013). Penyusunan Soal TesDiagnostik fisika Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pendidikan Fisika.

Perdana, G. (2017). Pengetahuan awal dan tingkat keyakinan siswa tentang konsep listrik dinamis . Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2).

Setiawan, D. (2019). Mengungkap Pemahaman Konsep Listrik Dinamis di Sekolah Berbasis Kemaritiman. JIPFRI( Jurnal Inoovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah), 3(2), 113-120.

Setiawan, D., Nuri, N., & Faoziah , N. (n.d.).

Sheftyawan, W.B, Prihandono,T, & Lesmono, A. D. (2018). Identifikasi MiskonsepsiSiswa Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test pada Materi Optik Geometri. Jurnal PembelajaranFisika, 7(2) 147-153.

Suparno. (2013). Miskonsepsi & Perubahan Konsep dalam Pendidikan FIsika. Gramedia Widiarsana.

Ulfah,S, & Fitriyani,H. (2017). Certainty of Respondense Index (CRI): Miskonsepsi siswa SMP pada Materi Pecahan. Prosiding seminar National & International.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.