Penelitian Pendahuluan Kecenderungan Gaya Belajar Siswa

Bayu Ajie Al Azhar, Tantri Mayasari

Abstract


Penelitian ini merupakan studi desain atau sering disebut penelitian pengembangan yang bertujuan untuk merancang dan mengembangkan kuesioner gaya belajar peserta didik yang nantinya dapat digunakan untuk mengidentifikasi kecenderungan gaya belajar siswa berdasarkan pengujian atau validasi dari tiga ahli sehingga produk dapat digunakan. Dalam pembuatan angket kecenderungan gaya belajar ini didasari oleh kurang kesesuaian media pembelajaran dengan gaya belajar siswa. Gaya belajar adalah cara bagaimana seseorang mengambil informasi kemudian mengatur dan mengolah informasi yang diperoleh sehingga informasi tersebut dapat diserap dengan mudah dari proses pembelajaran. Ada empat gaya belajar yang berbeda dalam penelitian ini, yaitu: Visual, Auditory, Read/write, dan Kinestetik. Tahapan yang telah dilakukan dalam penelitian ini adalah yang pertama tahap penelitian pendahuluan (preliminary research), dan yang kedua tahap pengembangan (Development/Prototyping Phase). Namun pada tahap kedua dalam penelitian ini dibatasi hanya sampai dengan subtahap expert rivew. Hasil dari studi ini ialah angket gaya belajar peserta didik yang nantinya akan digunakan untuk penelitian lanjutan.


Keywords


studi desain; gaya belajar; angket gaya belajar

Full Text:

PDF

References


Cholifah, T. N. (2018). ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE) , 66-66.

Herlina, M., & Ihsan, I. R. (2020). Penelitian Pendahuluan mengenai LKPD Model PBL terkait Kemampuan Berpikir Matematis . MATHEMA JOURNAL , 48-49.

Lestari, S., & Djuhan, M. W. (2021). ANALISIS GAYA BELAJAR VISUAL, AUDIOTORI DAN KINESTETIK DALAM PENGEMBANGAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia , 81-81.

Pratama, v., Anggraini, S. f., & Mufit, F. (2021). Disain dan Validitas E-Modul Interaktif Berbasis Konflik Kognitif untuk Remediasi Miskonsepsi Siswa pada Konsep Gaya. JEP ( Jurnal Ekseta Pendidikan) , 70-71.

Saswati, S., Ainin, D. Q., Ronanarasafa, & Rahadianti, D. (2023). HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN GAYA BELAJAR VARK DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ISLAM AL-AZHAR. Nusantara Hasana Journal , 62-63.

Wahyuni, Ulpah, M., & Oktaviani, A. G. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Visual, Aural, Read / Write, Kinesthetic. PROSIDING SANTIKA 2: SEMINAR NASIONAL TADRIS MATEMATIKA UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID (hal. 224-224). Purwokerto: UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.