Mapping Surface Current Patterns in The Waters of Panjang Beach

Muhammad Iqbal, Supiyati Supiyati, Deddy Bakhtiar

Abstract


Pantai panjang merupakan salah satu perairan yang berada di Provinsi Bengkulu tepatnya di sisi barat Pulau Sumatra, menghadap ke Samudra Hindia, Ketika memasuki Musim Barat perairan Pantai Panjang mengalami peningkatan yang signifikan terhadap arus yang disebebkan oleh angin. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi pola dan kecepatan arus permukaan dan hubungannya terhadap arah dan kecepatan angin di perairan Pantai Panjang Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode pengukuran langsung dilapangan, dengan analisis menggunakan metode deskriptif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kecepatan arus 3,49 m/s terdapat pada titik 1, sedangkan kecepatan terendah 0,26 m/s terdapat pada titik 1. Pola arus perairan Pantai Panjang pada saat pengukuran bergerak dari selatan menuju ke barat laut kondisi ini bersesuaian dengan arah angin yang bergerak dari selatan menuju barat laut dengan kecepatan tertinggi 0,92 m/s dan terendah 0,31 m/s. Perbedaan kecepatan arus ini menunjukkan arus yang disebabkan oleh angin biasanya bersifat musiman sehingga pada satu musim arus mengalir dengan arah yang tetap dan pada musim lainnya berubah arah sesuai dengan perubahan arah angin.


Keywords


Pantai panjang; arus permukaan; angin.

Full Text:

PDF

References


Apriliansy, L.A. (2020) Identifikasi Zona Rip Current di Kawasan Pantai Panjang Kota Bengkulu. Skripsi.Universitas Bengkulu.

Azis, M.F. (2006). Gerak Air Dilaut. oseana, 31(4), 9–21.

Baharuddin, Parawono, John I and Nurjaya, I Wayan. (2009). Pola Transformasi Gelombang dengan Menggunakan Model RCPWave Pada Pantai Bau-Bau, Provinsi Sulawesi Tenggara. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis, 1(2), 60–71.

Niarosalina, A. (2020) Identifikasi Longshore Current di Perairan Pantai Panjang Kota Bengkulu. Universitas Bengkulu.

Ningsih, N. S. (2002). Oseanografi Fisis. Bandung: Institusi Teknologi Bandung

Nugraha, H. P., Indarjo, A., dan Helmi, M. (2013). Studi Kesesuaian dan Daya Dukung Kawasan untuk Rekreasi Pantai di Pantai Panjang Kota Bengkulu. Journal of Marine Research, 2 (2) : 130-139.

Nurlin, Asmadin, A.T. (2022). Pola Arus Permukaan Laut di Bagian Terluar Teluk Kendari dan Perairan Sekitarnya. Jurnal Ilmu Kelautan, 7(1), pp. 25–53.

Octavia, Y., P., Jumarang, M., I., Apriansyah, A. (2018). Estimasi Arus Laut Permukaan Yang Dibangkitkan Oleh Angin Di Perairan Indonesia. Pontianak. Prisma Fisika. Vol. VI, NO. 01. Hal. 01-08.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.