Bahan Ajar Elastisitas Menggunakan Pembelajaran REACT untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Peserta Didik : Tinjauan Validitas dan Kepraktisan

Dea Safira, Abdul Salam M, Dewi Dewantara

Abstract


Kemampuan analisis peserta didik yang rendah disebabkan karena penggunaan bahan ajar konvensional dan model pembelajaran yang digunakan di kelas belum mampu untuk melatihkan kemampuan analisis peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar topik elastisitas menggunakan model pembelajaran REACT yang layak yakni valid dan praktis untuk meningkatkan kemampuan analisis peserta didik. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek uji coba penelitian adalah 29 peserta didik kelas XI MIPA 2 di salah satu SMA Negeri di Kota Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi untuk validitas dan lembar keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran untuk kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas bahan ajar berkategori sangat baik dan kepraktisan berkategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar elastisitas dengan pembelajaran REACT dikatakan layak untuk meningkatkan kemampuan analisis peserta didik pada pembelajaran di sekolah.


Keywords


Elastisitas; kemampuan analisis; Pembelajaran REACT

Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. (2018). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, And Satisfaction (ARIAS) Pada Materi Kalor dan Perpindahannya. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika (BIPF), 6(2), 247-263.

Aini, Noor, Zainuddin, & Mahardika, Andi Ichsan. (2018). Pengembangan Materi Ajar IPAMenggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Berorientasi Lingkungan Lahan Basah. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 264-277.

Arini, W., & Juliadi, F. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Fisika untuk Pokok Bahasan Vektor Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Berkala Fisika Indonesia, 1-11

Arifuddin, Sutrio, & Taufik, Muhammad. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Kontekstual Berbasis Hands On Activity dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisikapeserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 894-900.

CORD. (1999). Teaching Science Contextually : The Corner Of Tech Prep. The United States Of America: Cord Communications, Inc.

Fautin, Sri, M, Abdul Salam, & Dewantara, Dewi. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Multimodel Pada Topik Teori Kinetik Gas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 111-125.

Feby, & Abadi, Agung P. (2019). Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferrin (REACT) Berbasis Etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 938-944.

Firmansyah, A., Patandean, A., & Rusli, M. (2018). Kemampuan Menyelesaikan Soal Fisika Level Kognitif Analisis (C4) Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 8 Luwu Utara. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika (JSPF), 68-73.

Harti, N. (2022). Pengembangan Materi Ajar Fisika Berbasis Multirepresentasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Peserta Didik Di MAN 2 Makassar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 719-730.

Hurulean, Rosalia, Esoma, Katerina, & Kesaulya, Noke. (2022). Analisa Kemampuan Analisis Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Fisika Materi Kalor Pada Siswa Kelas X SMA Angkasa Pattimura Ambon Menggunakan Model Contextual Teaching And Learning. Physikos Journal Of Physics And Physics Education, 46-53.

Jannah, M., & Supardi, Z. I. (2020). Guided Inquiry Model with the REACT Strategy Learning Materials to Improve the Students’ Learning Achievement. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 1(2), 156-168.

Kariasa, K. (2020). Implementasi Model Pembelajaran REACT Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika. Indonesian Journal Of Educaton Development, 437-446.

Lestari, Ega Ayu. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Eksperimen Ipa Kelas V Sd/Mi. Lampung: Uin Raden Intan Lampung.

Manarfah, L., Arafah , K., & Khaeruddin. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kemampuan Analisis untuk Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Bone.

Nengsih, N.R, Yusmaita, E., & Gazali, F. (2019). Evaluasi Validitas Konten dan Konstruk Bahan Ajar Asam Basa Berbasis REACT. EKJ Edukimia, 1(1).

Nida, Rusdatul, M, Abdul Salam, & Haryandi, Surya. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Multimodel Pada Materi Alat-Alat Optik Untuk Melatihkan Kemampuan Analisis Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika (JIPF), 5(2), 107-122.

Putra, Rizema. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press.

Sanjaya, Y, & Cahyono,E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Siswa Pada Materi Bunyi. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 40-49.

Sari, D. P. (2020). Implementation of REACT Strategy to Develop Mathematical Representation, Reasoning, and Disposition Ability. Journal on Mathematics Education, 11(1), 145-156.

Seles, Rexsi, Halidjah, Siti, & Kresnadi, Hery. (2021). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelaran Tematik Secara Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(3), 1-9.

Sugita, M., Liana, Y., Rosilawati, A., & Subali, B. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika SMA. Physics Education Research Journal, 141-150.

Widada, W., Herawaty, D., Mundana, P., Agustina, M., Putri, F. R., & Anggoro, A. F. D. (2019, October). The REACT strategy and discovery learning to improve mathematical problem solving ability. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1318, No. 1, p. 012081). IOP Publishing.

Yuliati, L. (2008). Model Model Pembelajaran Fisika "Teori dan Praktik". Malang: Universitas Negeri Malang.

Zaini, Muhammad. (2021). Urgensi Penelitian Pengembangan dalam Menggali Keterampilan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, 33-52.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.