Development of Focusky Learning Media on Magnetic Field Topic

Dhia Alifah Khairunnisa, Daru Wahyuningsih, Supurwoko supurwoko

Abstract


Pada proses pembelajaran salah satu factor penting yaitu adanya minat belajar siswa. Hal ini karena dapat mendorang seorang siswa untuk meraih suatu keberhasilan dalam belajar. Salah satu cara memunculkan minat belajar yaitu dengan penyajian pembelajaran yang menarik yaitu dengan memanfaatkan aplikasi kekinian. Aplikasi Focusky ini diyakini mampu menggantikan media presentansi yang biasa digunakan saat ini. Media pembelajaran ini dilengkapi dengan fitur animasi, materi, dan evaluasi yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep dasar medan magnet. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran yang efektif dan kelayakan media pembelajaran berbasis focusky pada materi medan magnet. Metode penelitian yang digunakan yaitu pengembangan ADDIE. Penelitian ini dibatasi hingga tahap Development atau uji coba kelompok terbatas. Hasil analysis yang diperoleh adalah sebagian siswa membutuhkan pembelajaran yang lebih menarik dan menggunakan media pembelajaran. Sedangkan hasil uji coba dihasilkan media yang dapat diakses secara masal oleh guru maupun siswa. Sehingga memudahkan siswa jika ingin mencatat materi maupun belajar lagi. Selain itu juga memudahkan guru untuk menyajikan materi yang dapat digunakan untuk pembelajaran selanjutnya. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu media yang dihasilkan efektif dalam pembelajaran medan magnet berbasis Focusky. Selain itu media yang dihasilkan juga layak untuk kegiatan pembelajaran medan magnet berbasis Focusky


Keywords


media pembelajaran; medan magnet; focusky; minat

Full Text:

PDF

References


Apriliantika, E., Enawati, E., Masriani, M., Melati, H. A., & Ulfah, M. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Focusky Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Submateri Pemisahan Campuran. Jurnal Ilmiah Ar-Razi, 9(2), 87–94. https://doi.org/10.29406/ar-r.v9i2.2915

Budiyanti, R. T., Isyawati, R., Ganggi, P., & Herlambang, P. M. (2021). Penggunaan Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran Daring selama Pandemi COVID-19. Smart Socioety Empowerment Journal (SSEJ), 1(2), 42–48. Retrieved from http://dx.doi.org/10.20961/ssej.v1i2.49666

Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(2), 52–60. https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727

Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445

Handayani, P. R. (2021). Analisis Penggunaan Google Classroom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Husna, S. M., Kurniawan, D. agus, & Maison. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika di MAN 1 Merangin. SENAPADMA Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1, 1–9. https://doi.org/10.37251/isej.v3i2.257

Maryatun. (2015). JURNAL PROMOSI Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro. Pengaruh Penggunaan Media Program Microsoft Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Strategi Promosi Pemasaran Mahasiswa Semester 2 Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro, 3(1), 1–13. Retrieved from http://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/139/110

Misbahudin, D., Rochman, C., Nasrudin, D., & Solihati, I. (2018). Penggunaan Power Point Sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah? WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 43. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10939

Nasution, E. Y. P., & Siregar, N. F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 205–221. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v15i02.466

Nirfayanti, N., & Syamsuriyawati, S. (2019). Keefektifan Penerapan Media Pembelajaran Prezi terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Geometri Analitik Ruang. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(2), 87–96. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v7i2.748

Purnamasari, S. (2019). Pengembangan Model Media Pembelajaran Berbasis Google Slide pada Mata Pelajaran IPS Di SMP. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 37–43.

Rahmi, R. (2020). Inovasi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 30(2), 111–123. https://doi.org/10.24235/ath.v30i2.6852

Surandika, A. A. A. G. S. A. J. (2020). Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh pada Kelas III Sekolah Dasar Islam An – Nizomiyah. Prosiding SEMNASLIT LPPM UMJ, 161–171. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/8781

Widyantara, I., & Rasna, I. (2020). Penggunaan Media Youtube Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 113–122. Retrieved from https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3531/pdf

Yunita, I., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2019). Kelayakan Media Pembelajaran Focusky Terintegrasi Nilai Agama Untuk Mengembangkan Karakter Disiplin. Jurnal MUDARRISUNA, 9(2), 339–351.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.