THE INFLUENCE OF ROLE PLAYING LEARNING MODEL ON COGNITIVE LEARNING AND STUDENT LEARNING MOTIVATION ON THE TOPIC OF GLOBAL WARMING

Khaula Noorul 'Ain, Agus Danawan, Lina Aviyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI pada materi pemanasan global antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, serta untuk mengetahui respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran role playing. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain quasi-experimental: The matching-only pretest posttest control group design. Sampel diambil menggunakan teknik non random sampling yaitu purposive sampling dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan meliputi tes kognitif, kuesioner motivasi, dan kuesioner respon. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney dan uji N-Gain untuk instrumen tes dan kuesioner motivasi, serta analisis deskriptif dan analisis Rasch untuk kuesioner respon. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar kognitif dan motivasi belajar pada materi pemanasan global antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,010 dan 0,004 yang mana keduanya < 0,05. Skor N-Gain untuk kelas eksperimen menunjukkan tingkat hasil belajar dan motivasi belajar yang sedang, sedangkan untuk kelas kontrol menunjukkan tingkat hasil belajar dan motivasi belajar yang juga sedang. Selain itu, respon peserta didik terhadap model pembelajaran role playing menunjukkan tingkat kepuasan yang baik sebesar 78%.


Keywords


Role playing; hasil belajar kognitif; motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Hamalik, O. (2003). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Silberman, Meti. (2007). Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Siregar, Eveline & Nara, H. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sutiyani, S., Nurhayati, S., & Widiyatmoko, A. (2015). Pengaruh model pembelajaran role playing pada hasil belajar siswa SMP kelas VII tema global warming dan dampaknya bagi ekosistem. Unnes Science Education Journal, 4(3).

Yamin, Maritnis. (2007). Profesionalisme Guru dan Implementasinya. Jakarta: Gaung Persada Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.