Upaya Meningkatkan Kemampuan Penulisan Vektor Melalui Model Problem Based Learning

Akhmad Yani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penulisan vektor pada materi gerak parabola setelah diterapkan model Problem Based Learning kelas X MIPA 3 MAS Mathla’ul Anwar Pusat Menes. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kemmis dan McTaggart. Data penelitian berupa data kuantitatif berupa ketercapaian kemampuan penulisan vektor yang diperoleh dari observasi kinerja dan tes. Hasil analisis statistik ketercapaian kemampuan penulisan vektor dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Peningkatan dapat dilihat dari aspek menuliskan vektor pada siklus I sebesar 30,66 % meningkat menjadi 83,33 % pada siklus II, aspek menggambarkan besar vektor pada siklus I sebesar 36,66 % meningkat menjadi 63,33 % pada siklus II, aspek menggambarkan arah vektor pada siklus I sebesar 56,66 % meningkat menjadi 83,33 % pada siklus II, dan aspek menuliskan nilai matematis vektor pada siklus I sebesar 66,66 %  meningkat menjadi 93,33 % pada siklus II. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan penulisan vektor secara keseluruhan dari 50,83 % pada siklus I meningkat menjadi 80,83 % pada siklus II.


Keywords


Problem Based Learning, Kemampuan Penulisan Vektor, Gerak Parabola

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fauzi, R. (2014). Peningkatan Hasil Belajar siswa Melalui Model Problem Based Learning. Skripsi. FKIP Universitas Lampung.

Hmelo-Silver, C.G. (2004). Problem Based Learning: What and How Do Students Learn. Educational Psychology Review.16 (3).

Kemmis and Taggart (1990). The Action Research planner. Victorio. Deakin. Univ Press.

Permendikbud. (2013). UU No. 32 tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013.

Permendikbud. (2013). PP No. 66 tahun 2013 tentang Penilaian Hasil Belajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.