Pembuatan Alat Peraga Berbasis IoT untuk Praktikum Gerak Osilasi pada Bandul
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Boimau, I., Mellu, N. R., & Manuain, R. M. (2020). Rancang Bangun Alat Praktikum Viskometer Berbasis Arduino. Wahana Fisika, 5(1):28-40.
Gunawan, Harjono, A., & Sahidu, H. (2015). Pengembangan Model Laboratorium Virtual Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah Bagi Calon Guru Fisika. Materi dan Pembelajaran Fisika, 5(2):41-46.
Hamidah, A., Sari, E. N., & Budiningsih, R. (2015). Persepsi Siswa Tentang Kegiatan Praktikum Biologi di Laboratorium SMA Negeri Se-Kota Jambi. Jurnal Sainmatika, 8(1):49-59.
Hayat, M. S., & Anggraeni, S. (2011). Sikap Ilmiah Siswa Practicum Based Learning On Invertebrate Concept To Students ’ Scientific Attitude Development. Jurnal Penelitian, 141-152.
Kuswandari, M., Sunarno, W., & Supurwoko. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Fisika SMA dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Pengukuran Besaran Fisika. Journal of Chemical Information and Modeling, 1(2):41-43.
Neilsen, S. (2003). Food Analysis. New York: Plenun Publishers.
Priyonggo, B., Subrata, I. M., & Setiawan, A. R. (2018). Rancang Bangun dan Pengujian Penetrometer Digital dengan Perekam Data Berbasis Androit. Jurnal Keteknikan Pertanian, 7(1):83-90.
Sa`adah, N., & Prabowo. (2021). Pengembangan Alat Peraga Bandul Matematis Berbasis Sensor Proximity pada Materi Getaran Harmonis Sederhana untuk Siswa SMA Kelas X. Inovasi Pendidikan Fisika, 10(1):109-118.
Sari, M. V. (2017). Penerapan Pembelajaran Inkuiri dengan Bantuan Simulasi Komputer untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Yogyakarta pada Materi Getaran Harmonik Sederhana.
Suharso. (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: Widya Karya.
Supardi, U.S dkk. (2012). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Formatif 2(1): 71-81.
Wajiran, Riskiono, S. D., Prasetyawan, P., & Iqbal, M. (2020). Desain IoT untuk Smart Kumbung Dengan Thinkspeak dan NodeMCU. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, 6(2):1-7.
Yusup, M. (2012). Strategi Efektif Pembelajaran Fisika: Ajarkan Konsep. Prosiding: Seminar Nasional Fisika. Palembang: Universitas Sriwijaya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.