Studi Literatur: Pengaruh Pendekatan SETS Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Abstract
Salah satu aspek penting dalam pendidikan pada era keterbukaan di abad 21 adalah kemampuan berpikir kritis. Kemampuan ini diperlukan siswa untuk memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi. Nyatanya di Indonesia sendiri, beberapa penelitian menunjukkan rendahnya kemampuan berpikir kritis pada siswa. Hal ini dipengaruhi berbagai faktor, seperti bentuk pelaksanaan pembelajaran yang belum berorientasi maksimal pada kemampuan berpikir kritis siswa. Penyebab lainnya yaitu kebanyakan cara mengajar masih bersifat konvensional dan metode pembelajaran yang kurang menarik perhatian siswa. Sementara itu, pada pembelajaran sains diperlukan analisis untuk memecahkan masalah serta menuntut siswa untuk mampu berpikir secara logis, kritis, dan ilmiah. Peran guru sangat penting dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Guru perlu menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dalam mempengaruhi cara berpikir, menganalisis, dan menyimpulkan makna suatu kegiatan pembelajaran. Di antara berbagai pendekatan pembelajaran, dapat dipilih pendekatan yang tepat seperti pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and society). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan SETS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa melalui metode studi literatur terhadap beberapa artikel penelitian yang telah dikaji. Berdasarkan hasil dari studi literatur menunjukkan bahwa pendekatan SETS memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini membuat pendekatan SETS direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Syafitri, E., Armanto, D., & Rahmadani, E. (2021). Aksiologi Kemampuan Berpikir Kritis. Journal of Science and Social Research, 4307(3), 320–325.
Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sd/Mi. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 10(1), 26–50.
Maulidati, I. S., Dantes, N., & Tika, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berpendekatan Saintifik Berorientasi Science Environment Technology Society Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 2(2), 59–71. https://doi.org/10.23887/jpdi.v2i2.2693
Susilawati, E., Agustinasari, A., Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 11–16. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1453
Nuraida, D. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 51–60.
Putri, S. U. (2019). Pembelajaran sains untuk anak usia dini. UPI Sumedang Press.
Stephanou, G. and Mpiontini, M.H., (2017). Metacognitive Regolution in-Self-Regulatory Learning Style, and Its Effects on Performance Expectation and Subsequent Performance across Diverse School Subject, Journal Psychology, Vol.8 (12), 1941-1975.
Kurniawan, N. A., Hidayah, N., & Rahman, D. H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(3), 334. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i3.14579
Khasanah, I., Fatkhurrohman, M. A., & Kusuma, M. (2019). Implementasi Concept Mapping Bervisi SETS Untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 7(2), 82. https://doi.org/10.25273/jems.v7i2.5295
Yasinta, P., Meirista, E., & Taufik, A. R. (2020). Studi Literatur: Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika, 2(2), 129–138.
Priyadi, R., Mustajab, A., Tatsar, M. Z., & Kusairi, S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X MIPA dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), 6(1), 53–55. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.574
Amanda, S., Muharrami, L. K., Rosidi, I., & Ahied, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Yang Berbasis Sets. Natural Science Education Research, 1(1), 57–64. https://doi.org/10.21107/nser.v1i1.4199
Sundari, P. D., & Sarkity, D. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Suhu dan Kalor dalam Pembelajaran Fisika. Journal of Natural Science and Integration, 4(2), 149. https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i2.11445
Wayudi, M., Suwatno, & Santoso, B. (2020). Kajian analisis keterampilan berpikir kritis siswa sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 67–82. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008
Wisudawati, Asih Widi dan Eka Sulistyowati. (2017). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Indriyati, I. (2019). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan SETS Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII E SMP Negeri 1 Wonosari. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(2), 61–68.
Aini, W., Rachmadiarti, F., Prabowo, P., Hariyono, E., & Prahani, B. K. (2022, January). The Study of Implementation SETS Approach to Improve Students’ Critical Thinking Skills. In Eighth Southeast Asia Design Research (SEA-DR) & the Second Science, Technology, Education, Arts, Culture, and Humanity (STEACH) International Conference (SEADR-STEACH 2021) (pp. 219-228). Atlantis Press.
Rahim, F. R. (2017). Pendekatan SETS , PACE , Multiple Intelligence , Metacognitive Skill , dan RME dalam Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Semesta Pendidikan IPA, 26–31.
Ulfah, N., Ibrahim, I., & Vlorensius, V. (2020). Pengaruh Penerapan Pendekatan Sets (Science, Environment, Technology and Society) Pada Mata Pelajaran Ipa Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 2 Tarakan. Borneo Journal of Biology Education, 2(1), 24–32. https://doi.org/10.52222/bjbe.v2i1.1737
Putri, I. A., Widiyanto, R., & Mahmud, M. (2022). EFEKTIVITAS model Pembelajaran sets Terhadap Kemampuan Berpikir kritis pada siswa Berkemampuan Rendah (single subject research). Elementar: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 141-160. https://doi.org/10.15408/elementar.v1i2.20546
Rahim, F. R. (2019). Pendekatan SETS, PACE, Multiple Intelligence, Metacognitive Skill, dan RME dalam Pembelajaran IPA Terpadu. Science Education Journal, 2(1), 26-31. https://doi.org/10.24036/semesta.v2i1.38
Wijaya, W. S., Feronika, T., & Fairusi, D. (2018). PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERPENDEKATAN SETS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Jurnal Tadris Kimia, 3(1), 269-278. https://doi.org/10.15575/jtk.v3i1.2338
Kalsum, U., Hamzah, H. & M, N. (2019). IMPLEMENTASI model Pembelajaran Berbasis Proyek Pendekatan sets Terhadap Kemampuan berpikir kreatif PESERTA DIDIK. PHYDAGOGIC: Jurnal Fisika dan Pembelajarannya, 2(1), 23-28. https://doi.org/10.31605/phy.v2i1.1344
Setiyono, F. P. (2011). Pengembangan perangkat pembelajaran kimia kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp) dengan pendekatan SETS untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 149–158.
Irma, I., Meriyati, M., & Irwandani, I. (2021). Model Pembelajaran Discovery Based Unity of Science (DBUS) dengan Pendekatan SETS: Pengaruh Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Masa Pandemi Covid-19. U-Teach: Journal Education of Young Physics Teacher, 2(1), 29–35. https://doi.org/10.30599/uteach.v2i1.36
Rasyidi, Mulia. (2020). Pengaruh Pembelajaran SETS pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 157–163. https://doi.org/10.55681/nusra.v1i2.139
Rini, I. M., Widodo, W., & Budijastuti, W. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Berbasis Science Environment Technology and Society (Sets) Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN Tanah Kalikedinding 1/251. Jurnal Education And Development, 8(2), 584–590. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1850
Hariyati, S., Maftukhin, A., & Sriyono, S. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Learning Cycle 7e Bervisi SETS (Science, Environment, Technology, And Society) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 11(2), 39–46. https://doi.org/10.37729/radiasi.v11i2.17
Destini, F., Yulianti, D., Sabdaningtyas, L., Ambarita, A., & Rochmiyati, R. (2021). Implementasi Pendekatan Science, Enviroment, Technology, and Society (SETS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 253–261. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1615
Firdaus, F.Z., Suryanti, S., & Azizah, U. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan SETS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 681-689. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.417
Refbacks
- There are currently no refbacks.