Student Responses to Islamic Documentary-Based Physics Comics Media

Uhaidi Latif, Agus Budiyono, Herman Jufri Andi

Abstract


Ilmu umum khususnya fisika sudah diterapkan di Lembaga islam seperti halnya pondok pesantren bertujuan untuk menghasilkan generasi yang bisa memenuhi kebutuhan zaman Akan tetapi fakta dilapangan menunjukkan bahwa adanya dikotomi ilmu antara ilmu fisika dan ilmu agama sehingga berdampak terhadap minat siswa. Disisi lain, berdasarkan observasi dan wawancara bahwasanya minat siswa terhadap pelajaran fisika belum tercapai sesuai yang diinginkan sekolah. Permasalahannya adalah kebanyakan siswa tidak suka dengan mata pelajaran fisika. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan memanfaatkan media pembelajaran fisika yang berisi konten yang bisa menarik minat siswa. Salah satu media pembelajaran tersebut adalah komik fisika berbasis Islamic Documentary. Jenis penelitian yang digunakan alam penetian ini adalah metode survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Komik fisika berbasis Islamic Documentary dibuat menggunakan bahasa Indonesia, full color, dan dengan ukuran kertas 21 cm x 27,5 cm (A4) dan juga dapat dijadikan ukuran 13,25 cm x 21 cm (A5). Instrument pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara tidak terstrukur dang angket respon siswa yang berdasarkan skala likert. hasil respon siswa  diperoleh nilai sebesar 88,54% dengan kategori “sangat minat”, menunjukkan siswa sangat minat terhadap pembelajaran fisika dengan memanfaatkan media pembelajaran komik fisika berbasis Islamic Documentary.


Keywords


Minat siswa; komik fisika; Islamic Documentary

Full Text:

PDF

References


Akmalia. (2022). Pengembangan Bahan AJar E-Book Interaktif Berbantuan Book Creator pada konsep Hukum Gravutasi Newton Terintegrasi AL-Qur'an di MA Ittihad Al-Ummah Ussu Kabupaten Luwu Timur.

Alam, Y. (2018). Dampak Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada SMK PGRI 1 Palembang.

Annisa. (2019). Hubungan Antara Minat Belajar Siswa dengan Pemahaman Matematis di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kota Jambi.

Astuti, S. P. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1.

Kiftiah, M. (2013). Analisis Minat Belajar Santri dalam Kelompok Ilmu Umum di Pondok Pesantren Al-Ansor Padangsidimpuan.

Kusumawardani, D. (2022). Pentingnya Peran Guru untuk Meningkatkan Minat dan Bakat SISwa, Bagaimana Caranya? 4.

Lubis, R. N. (2021, 11). Pengertian Pendidikan. Retrieved from Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi: https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/pengertian-pendidikan/

Niyati, A. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Ecomic Fisika Bercirikan Integrasi Islam.

Samudra, G. B., Suastra, I. W., & Suma, K. (2014). Permasalahan-permasalahan yang dihadapi siswa SMA di Kota Singaraja dalam memepelajari Fisika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.