Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) SMP Berbasis STEM (Science Technology Engineering Mathematics) dengan Pendekatan Inkuiri

Daniel Daniel, Adi Pramuda, Eti Sukadi

Abstract


Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa judul lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis STEM (Science Technology Engineering Mathematics) dengan pendekatan Inkuiri pada materi suhu dan perubahannya di sekolah menengah pertama (SMP). Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah kurangnya konsep pemahaman peserta didik terhdapat materi suhu dan perubahannya. Tahapan pengembangan LKPD ini meliputi: tahapan analisi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk dan revisi produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan kuesioner. LKPD yang dikembangkan telah divalidasi oleh ahli materi dan media, serta diuji cobakan secara terbatas pada peserta didik di kelas VII SMP di kota Pontianak. Hasil uji coba pengembangan LKPD berbasis STEM (Science Technology Engineering Mathematics) dengan pendekatan Inkuiri kepada para ahli diperoleh nilai 85,34% untuk ahli materi, 84,48% untuk ahli media dan nilai 95,49% untuk guru SMP. Hasil uji coba peserta didik diperoleh nilai 94,5%. Berdasarkan data tersebut LKPD ini termasuk ke dalam kategori “sangat Baik” sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPA untuk materi suhu dan perubahannya di sekolah menengah pertama. Produk ini dapat dimanfaatkan oleh peserta didik sebagai salah satu sumber belajar dalam memahami konsep suhu dan perubahannya. 

Keywords


LKPD; STEM; Inkuiri; Suhu dan Perubahannya

Full Text:

PDF

References


Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26–40. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574

Halim Simatupang, Andika Sianturi, N. A. M. (2019). Jurnal Pelita Pendidikan Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Science ,. Jurnal Pelita Pendidikan, 7(4), 170–177. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/pelita/index eISSN:

Hidayaturrohman, R. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Fisika Berwawasan SETS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 2(September), 1–9. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/6242/4949

Lestari, D. A. B., Astuti, B., & Darsono, T. (2018). Implementasi LKS Dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(2), 202. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i2.809

Mahjatia, N., Susilowati, E., & Miriam, S. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis STEM untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 139. https://doi.org/10.20527/jipf.v4i3.2055

Nabilah, L. N. (2020). Pengembangan Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran Fisika Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Model Creative Problem Solving. https://doi.org/10.31219/osf.io/6vwhd

Nurhudayah, M., Lesmono, A., & Subiki, S. (2016). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Dalam Pembelajaran Fisika SMA Di Jember (Studi pada Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Berpikir Kritis). Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember, 5(1), 82–88.

QOMARIYAH, N., & ROHAYATI, S. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (Lkpd) Administrasi Pajak Berbasis Kontekstual Pada Materi Pajak Pertambahan Nilai Di Kelas Xii Smk Negeri 4 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(2).

Ridwanulloh, A., Jayadinata, A. K., & Sudin, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Pesawat Sederhana. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 731–740. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3563

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif,Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif,Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Widhy, P. (2016). Inquiry Science Issues to Cultivate the Critical Thinking in Science Learning. Journal PROCEEDING OF3RD INTERNATIONAL CONFERENCE ON RESEARCH. Yogyakarta State University, May, 16–17. http://seminar.uny.ac.id/icriems/sites/seminar.uny.ac.id.icriems/files/prosiding/SE-12.pdf

Yuliana, Y., Hikmawati, H., & Wahyudi, W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Peta Konsep Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Kappa Journal, 4(1), 85–92. https://doi.org/10.29408/kpj.v4i1.1990


Refbacks

  • There are currently no refbacks.