Pengaruh Model Pembelajaran Reading, Mind Mapping And Sharing (RMS) Terhadap Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar Siswa

Yuyun Sukawati, Agus Budiyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reading, Mind Mapping and Sharing (RMS) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa MA. Miftahul Ulum Bettet. Populasi penelitian ini sebanyak X-XII kelas siswa kelas XI MA. Miftahul Ulum Bettet. Sampel penelitian diambil sebanyak 2 kelas, satu kelas sebagai kelas eksperimen, sedangkan satu kelas lagi sebagai kelas kontrol. Kemampuan pemahaman konsep dilihat dari nilai posttest dari soal tes sebanyak 15 butir. Untuk motivasi belajar siswa dilihat dari nilai angket motivasi belajar sebanyak 20 pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif.Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan analisis statistik berupa uji hipotesi menggunakan uji MANOVA dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25 (Statistical Product and Service Solution). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Reading, Mind Mapping and Sharing (RMS) terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa MA. Miftahul Ulum Bettet.

Keywords


Reading; Mind Mapping and Sharing (RMS); Pemahaman Konsep; Motivasi Belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Apriana, A., & Hidajat, D. (2020). Analysis of Google Classroom’s Online Learning Motivation on Mathematics Subjects. Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP), 2(1), Article 1. https://doi.org/10.26740/jomp.v2n1.p%p

Diani, R., Asyhari, A., & Julia, O. N. (2018). ―Pengaruh Model RMS (Reading, Mind Mapping And Sharing) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Pokok Bahasan Impuls Dan Momentum. Jurnal Pendidikan Edutama.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. 12(1), 6.

Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, dan Pengetahuan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 389–396. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4520

Muchlisin, A., & Kunci, K. (2017). Inovasi Model Pembelajaran RMS Untuk Meningkatkan Kecakapan Abad 21. Seminar Nasional Hayati, 27–36.

Muhlisin, A. (2018). Analysis Of Students Response Of The Implementation Of RMS (Reading, Mind Mapping, And Sharing) Learning Model In Philosophy Of Science. Unnes Science Education Journal, 7(1), Article 1. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/21397

Rinu, M. Y. T. B. (2019). Pengaruh penggunaan multimedia Adobe Flash dan simulasi phet terhadap materi persamaan keadaan gas ideal kelas XI IPA SMAS Katolik Regina Pacis Bajawa [Skripsi, Sanata Dharma University]. https://repository.usd.ac.id/35242/

Rosmawati, R. R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Self-Confidence Siswa pada Materi Aljabar dengan Menggunakan Pembelajaran Daring. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 275–290.

Yuningsih, Syamsu, & Darmadi, I. W. (2021). Pengaruh Metode Eksperimen Diskusi Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Palu. Jurnal Kreatif Online.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.