Pengaruh Media Sosial dalam Pembelajaran Online pada Hasil Belajar Peserta Didik Studi Meta Analisis

Perdana Miftachul Hudaa, Tantri Mayasari

Abstract


Media Sosial merupakan kemajuan teknologi yang mana memungkinkan terjadinya proses belajar tanpa terikat oleh ruang dan waktu. Media Sosial bukan hanya sebagai terobosan teknologi, melainkan sebagai langkah pencegahan penyebaran covid-19 di Indonesia. Penelitian ini dimaksudkan untuk mensintesis hasil beberapa penelitian tentang pengaruh media sosial terhadap pembelajaran yang dilakukan secara daring terhadap prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis pada sembilan laporan penelitian yang ditinjau dari tingkat pendidikan, tipe media dan prestasi belajar peserta didik yang dihitung dengan menggunakan Microsoft excel 2010. Ditinjau dari jenjang pendidikan, pengaruh media pembelajaran online menunjukkan effect size terbesar pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan terendah pada jenjang pendidikan Sekolah Dasar. Selain itu, hasil tinjauan capaian belajar peserta didik pada pembelajaran online menunjukkan effect size terbesar ditunjukkan oleh prestasi Inovatif dan Efektif (IE). Hasil meta analisis ini menunjukkan bahwa peran media sosial dalam pembelajaran daring memiliki pengaruh positif pada prestasi belajar peserta didik. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian empiris pengaruh pembelajaran online di Indonesia untuk memperkuat hasil temuan pada meta analisis pendahuluan ini. 


Keywords


Social media learning;Student achievement

Full Text:

PDF

References


Asghaar, M. Z. (2021). Breaching Learners’ Social Distancing through Social Media during the COVID-19 Pandemic. International Journal of Environment Research and Public Health, 21.

Bickerdik, A. (2016). Learning strategies, study habits and social networking activity of undergraduate medical students. International Journal of Medical Education, 230-236.

Bidara, J. (2020). Implementing Mobile Learning Within Personal Learning Environments: A Study of Two Online Courses. International Journal, 182-197.

I-HUA, C. (2021). Problematic internet-related behaviors mediate the associations between levels of internet engagement and distress among schoolchildren during COVID-19 lockdown: A longitudinal structural equation modeling study. Journal of Behavioral Addictions, 135-147.

Ismail, C. (2015). A Model for Understanding Educational Facebook Use . Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 899-907.

Kurniawan, E. (2020). Korean Drama as Geography's Audio-Visual Learning Media of Disaster Mitigation. Universal Journal 0f Education Research, 2184-2190.

Mayasari, T. (2014). Pengaruh Pembelajaran Terintegrasi Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) pada Hasil Belajar Peserta Didik: Studi Meta analisis . Semnas IPA, 22.

Moll, R. (2016). Development and validation of a social media and science learning survey. International Journal of Science Education, Part B Communication and Public Engagement, 14 - 30.

Pimmer, C. (2012). Mobile learning in resource-constrained environments: A case study of medical education. Medical Teacher, 1158-1165.

Toyokawa, W. (2022). Conformist social learning leads to self- organised prevention against adverse bias in risky decision making. eLife, 1-28.

Triyono, A. (2020, Juni 07). Pengertian Pembelajaran Online Menurut Ahli, Kamu Wajib Tahu! Retrieved 07 07, 2022, from HAIDUNIA: https://www.haidunia.com/pengertian-pembelajaran-online-menurut-ahli/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.