Memorizing Formulas: The Phenomenon of Students' Ability in Solving Parabolic Motion Problems
Abstract
Banyak siswa bahkan guru menyebut persamaan dengan istilah rumus. Rumus terkesan harus dihafalkan, sebaliknya persamaan terkesan tidak wajib dihafal tetapi dipahami. Siswa yang hafal rumus tetapi tidak paham, umumnya hanya bisa mengerjakan dengan benar soal berbentuk plug and chug, namun gagal dalam soal analisis. Siswa rangking 1, 2, 3 di kelas lazimnya lebih paham konsep dan hafal banyak rumus serta disiplin dalam menerapkan pola penyelesaian soal seperti yang diajarkan gurunya. Pola yang sering digunakan yaitu: diketahui, ditanya, dan jawab (D2J). Sangat jarang siswa yang menyelesaikan soal tanpa pola D2J. Penelitian dalam artikel ini mengungkapkan apakah siswa yang terbiasa menggunakan pola D2J bisa menyelesaikan soal gerak parabola berbentuk analisis. Penelitian dilaksanakan pada salah satu SMA Negeri Level Kecamatan di Kabupaten Magetan dengan enam responden siswa peringkat 1, 2, 3. Pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara tidak terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan: a) semua responden mengerjakan dengan pola D2J, b) 5 dari 6 responden hafal rumus dasar gerak parabola, namun gagal menyelesaikan soal dengan cara analisis, c) 3 dari 6 siswa hanya dapat mengerjakan dua soal dengan benar, sedangkan 2 siswa lainnya mengerjakan 1 soal dengan benar dari lima soal, namun semuanya dengan cara plug and chug (bukan analisis).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, M. Y. (2012) “Strategi Efektif Pembelajaran Fisika: Ajarkan Konsep.” Tersedia pada: http://repository.unsri.ac.id/10312/.
Alvinda, D. D. R. dan Zahrotin, A. (2021) “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Pada Materi Gerak Parabola SMA,” Proceeding of Integrative Science Education Seminar, 1, hal. 70–77.
Azizah, R., Yuliati, L. dan Latifah, E. (2016) “Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Interactive Demonstration Siswa Kelas X SMA pada Materi Kalor,” II(2), hal. 55–60.
Baig, M. et al. (2014) “Evaluation of multiple choice and short essay question items in basic medical sciences,” Pakistan Journal of Medical Sciences, 30(1), hal. 3–6. doi: 10.12669/pjms.301.4458.
Januarifin, D. dan Parno, A. H. (2018) “Kesalahan siswa SMA dalam memecahkan masalah pada materi Hukum Newton,” Momentum: Physics Education Journal, (January). doi: 10.21067/mpej.v1i1.2292.
Kulsum, U. dan Nugroho, S. E. (2014) “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Ilmiah Siswa pada Mata Pelajaran Fisika,” Unnes Physics Education Journal, 3(2), hal. 73–78. Tersedia pada: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/3600.
Pasaribu, D. S., Hendri, M. dan Susanti, N. (2017) “Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Materi Listrik Dinamis Di Kelas X Sman 10 Muaro Jambi,” EduFisika, 2(Vol 2 No 01 (2017): EduFisika Volume 02 Nomor 01, Juni 2017), hal. 61–69. doi: https://doi.org/10.22437/edufisika.v2i01.4043.
Putri, S. M. S. dan Putri, R. K. (2021) “Profil Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Matematika,” Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), hal. 36–45.
Rahmatiah, R., Koes H., S. dan Kusairi, S. (2017) “Pengaruh Scaffolding Konseptual dalam Pembelajaran Group Investigation Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa SMA dengan Pengetahuan Awal Berbeda,” Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), hal. 45–54. doi: 10.29303/jpft.v2i2.288.
Rajagukguk, J. dan Sarumaha, C. (2017) “Pemodelan Dan Analisis Gerak Parabola Dua Dimensi Dengan Menggunakan Aplikasi Gui Matlab,” Jurnal Saintika, 17, hal. 63–68.
Situmeang, B. S., Sudjito, D. N., & Wibowo, A. (2019). RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika Desain Modul Pembelajaran Mandiri Tentang Gerak Parabola Pada Bidang Miring Tanpa Gesekan Udara. 12, 9–19. Retrieved from http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi
Wibowo, C., & Sunarti, T. (2020). Analisis Dan Prediksi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Gerak Parabola. Inovasi Pendidikan Fisika, 09(02), 257–264.
Walsh, L. N., Howard, R. G. dan Bowe, B. (2007) “Phenomenographic study of students’ problem solving approaches in physics,” Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 3(2), hal. 1–12. doi: 10.1103/PhysRevSTPER.3.020108.
Refbacks
- There are currently no refbacks.