APPLICATION OF THE CTL ON BUSINESS MATERIALS AND ENERGY

Ikhlaszul Amal Syarifuddin, Purwandari Purwandari, Andista Candra Yusro

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah penerapan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) dapat meningkatkan secara signifikan skor hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 4 Madiun. dengan subyek penelitian siswa kelas X MIPA 4 sebanyak 36 orang. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) dapat meningkatkan secara signifikan skor hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah independent sample t test. Metode ini dilaksanakan bertujuan untuk membandingan rata-rata pre test dan post test, agar dapat diketahui apakah secara signifikan kedua sampel mempunyai rata-rata sama atau tidak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA 4 yang berjumlah 36 orang. Intrumen dalam penelitian ini menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji statistik setelah digunakan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) berdasarkan hasil uji t diketahui rata-rata pre test 59,44 setelah dilakukan post test 77,00 sehingga peningkatanya sebesar 17,56. Selanjutnya berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung 4,895. Nilai t tabel dengan df 34 pada taraf signifikan 5% adalah 2,032. Oleh karena itu t hitung>ttabel ( 4,895 > 2,032) dan nilai signifikansinya lebih kecil dari pada 0,05 (0,00 < 0,05) sehingga dapat dinyatakan terdapat peningkatan secara signifikan pada skor hasil belajar siswa yang diberikan metode model pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning)


Keywords


Model Pembelajaran; CTL; Usaha dan Energi; independent sample t tes

Full Text:

PDF

References


Arif, S. 2012. Uji Homogenitas dengan SPSS. http://samsarif.blogspot.com/2012/12/uji- homogenitas-dengan-spss.html, diakses tanggal 30 Juni 2022.

Arif, S. 2012. Uji Normalitas Data dengan SPSS. http://samsarif.blogspot.com/2012/12/uji- normalitas-data-dengan-spss.html, diakses tanggal 30 Juni 2022.

Arif, S. 2012. Uji Regresi Sederhana. http://samsarif.blogspot.com/2013/05/regresi- linier-sederhana-dengan-spss.html, diakses tanggal 30 Juni 2022.

Malonda. 2012. Uji T Independen dengan SPSS. http://statistik-kesehatan.blogspot.com/2011/03/uji-t- independen-dengan-spss.html, diakses tanggal 1 April 2013.

Arikunto, Suharsimi. 2009.Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Yogyakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Nanang Hanafiah, dkk.2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama

Sudalto. 2008. Mari Kita Ber-Ctl (Contextual Teaching and Learning). http://www.ispi.or.id/index.php?s=ctl, diakses tanggal 9 januari 2022.

Tim Penyusun. 2021. Pedoman Penulisan Skripsi. Madiun: Falkutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Madiun.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.