Application of the OASIS Learning Model to Improve Students' Scientific Literacy

Putri Wahyu Lestari, Jeffry Handhika, Andista Candra Yusro

Abstract


Pelaksanaan penelitian ini digunakan untuk mengetahui peningkatan kompetensi literasi sains (LS) siswa menggunakan pembelajaran OASIS pada Materi Momentum Impuls. Tahapan OASIS diantaranya orientasi, analisis, sintesis, investigasi, dan sinergi. Pra-experimen One-Group Pre-post test digunakan dalam penelitian ini. Sampel penelitian yang digunakan yaitu 1 kelas SMA Negeri di Kabupaten Ngawi. Instrumen pre-post test digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Teknik pengolahan data menggunakan Uji statistik Parametrik. Hasil analisis data menggunakan uji sampel berpasangan, didapatkan perbedaan nilai selama pre-post test dengan nilai sig.0,000. Nilai rata – rata pre-test 43,93 kategori cukup dan post-test 73,57 kategori baik. Hasil analisis kemampuan Literasi sains siswa untuk setiap indikator setelah diterapkan model pembelajaran OASIS yaitu 68,65% dalam kategori baik. Untuk nilai N-Gain rata – rata diperoleh nilai 0,534 dengan kategori sedang. Peningkatan signifikan pada tahap mengintrepetasikan data dan fenomena ilmiah.


Keywords


OASIS; Literasi Sains; Momentum dan Impuls

Full Text:

PDF

References


Amri, M. Y., Rusilowati, A., & Wijayanto. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP di Kabupaten Tegal. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(3), 80–92.

Aprilia, P. W., Suryanti, & Suprapto, N. (2021). Pembelajaran Inkuiri Untuk Melatih Literasi Sains Siswa Pendidikan Dasar. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 250–268. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v11i2.7256

Ariyani, N., Handhika, J., & Kurniadi, E. (2020). Development of Physics Modules in OASIS-Based Work and Energy Subjects to Improve Students ’ Critical Thinking Ability PENDAHULUAN Berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan dalam dunia pendidikan maka seorang pendidik diharapkan dapat mengembangkan bah. 6(2), 75–84.

Fitri, I., & Fatisa, Y. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Sistem Koloid. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 181–190. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.7888

Handhika, J. (2018). Model Orientasi, Analisis, Sintesis, Investigasi, Sinergi (OASIS) Untuk Meningkatkan Level Konsepsi Mahasiswa Pada Materi Kinematika dan Dinamika.

Kholishah, Handhika, J, Yusro, A. . (2020). Pengaruh Penerapan Modul Fisika Berbasis OASIS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. 1–5.

Mehta, C. R., & Patel, N. R. (2011). IBM SPSS Exact Tests. 2011, January, 1–236.

Novili, W. I., Utari, S., Saepuzaman, D., & Karim, S. (2017). Penerapan Scientific Approach dalam Upaya Melatihkan Literasi Saintifik dalam Domain Kompetensi dan Domain Pengetahuan Siswa SMP pada Topik Kalor. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(1), 57–63. https://doi.org/10.26877/jp2f.v8i1.1338

OECD. (2019a). PISA 2018 : Science Framework. 97–117. https://doi.org/10.1787/f30da688-en

OECD. (2019b). Programme for international student assessment (PISA) results from PISA 2018. Oecd, 1–10. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2018-results-volume-iii_bd69f805-en%0Ahttps://www.oecd-ilibrary.org//sites/bd69f805-en/index.html?itemId=/content/component/bd69f805-en#fig86

Putri, D. A. K., Ramalis, T. R., & Purwanto, P. (2018). Pengembangan tes kemampuan literasi sains pada materi momentum dan impuls dengan Analisis Item Response Theory (IRT). Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 5(1), 40. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v5i1.9212

Raehanah, R., Khatimah, H., & Suhirman, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreatifitas Berpikir Dan Literasi Sains Siswa Sman 1 Gerung Tahun 2018/2019. Spin Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia, 2(1), 13–26. https://doi.org/10.20414/spin.v2i1.2000

Retno, A. T. P., Saputro, S., & Ulfa, M. (2017). Kajian Aspek Literasi Sains pada Buku Ajar Kimia SMA Kelas XI di Kabupaten Brebes. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS) 2017, 21(2013), 112–123. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/11400

Rizkita, L., Suwono, H., & Susilo, H. (2016). Analisis Kemampuan Awal Literasi Sains Siswa Sma Kota Malang. Prosiding Seminar Nasional II, 2, 771–781.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kulaitatif, dan R&D, dan Penelitian Pendidikan). In Alfabeta (Edisi Ke-3).

Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683–2694.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.