Analisis Kemampuan Literasi Digital Siswa Sekolah Menengah

Aifia Dityasari, Ika Kartika, Joko Purwanto, Elyas Djufri

Abstract


Transformasi teknologi memberikan berbagai dampak yang variatif terhadap perubahan kebiasaan, keterampilan, dan perilaku pada masyarakat. Pada lingkungan sekolah perkembangan teknologi informasi menjadi sarana pembelajaran yang inovatif dan tuntutan untuk beriringan menyeimbangkan diri dalam kebaruan teknologi. Keterampilan dalam pencarian sumber informasi digital sebagai sarana pembelajaran diperlukan alat yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut. Literasi digital menyajikan gagasan dan panduan untuk menggunakan media digital dengan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi digital siswa sekolah menengah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan populasi siswa sekolah menengah dari wilayah DIY dan Jawa Tengah. 41 orang sebagai sampel penelitian dengan menggunakan teknik acak. Data dikumpulkan menggunakan angket kuesioner dengan skala likert rentang data (1-5). Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden dengan jumlah skor 154,2 kategori setuju pada kemampuan literasi digital indikator intensitas penggunaan dan pemanfaatan dan jumlah skor 97,8 kategori tidak setuju pada literasi digital dalam pembelajaran.

Keywords


Abad 21; Literasi Digital; Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Belshaw, D. A. (2012). What is ‘ digital literacy ’? Douglas A . J . Belshaw. Durham E-Theses Online, 0, 0–274. http://etheses.dur.ac.uk/3446

Dinata, K. B. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 105. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2499

Fernanda, F. F. H., Rahmawati, L. E., Putri, I. O., & Nur’aini, R. (2020). PENERAPAN LITERASI DIGITAL di SMP NEGERI 20 SURAKARTA. Buletin Literasi Budaya

Sekolah, 2(2), 141–148. https://doi.org/10.23917/blbs.v2i2.12842

Fukuyama, M. (2018). Society 5.0: Aiming for a New Human-Centered Society. Japan SPOTLIGHT, August, 47–50. https://www.jef.or.jp/journal/pdf/220th_Special_Article_02.pdf

Katadata, I. C. (2022). Indeks Literasi Digital Indonesia Masuk Kategori Sedang pada 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/20/indeks-literasi-digital-indonesia- masuk-kategori-sedang-pada-2021

Mardina, R. (2017). Literasi Digital Bagi Generasi Digital Natives. Seminar Nasional Perpustakaan & Pustakawan Inovatif Kreatif Di Era Digital, May 2017, 340–352.

Nasrullah, R., Aditya, W., Satya, T. I., Nento, M. N., Hanifah, N., Miftahussururi, & Akbari, Q.

S. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital: Gerakan Literasi Nasional. In L. A. Mayani (Ed.), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. TIM GLN Kemendikbud. https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/10/cover-materi- pendukung-literasi-finansial-gabung.pdf

OECD. (2021). 21st-Century Readers Developing Literacy Skills in A Digital World. In Oecd.

OECD Publishing. https://doi.org/https://doi.org/10.1787/a83d84cb-en

P21. (2015). 21st Century Student Outcomes. 1–9. http://www.p21.org/our-work/p21- framework

Patimah, E. (2022). Kemandirian Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Daring : Literature Review. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 993–1005.

Pendidikan dan Kebudayaan, K. (n.d.). Kilasan Gerakan Literasi Nasional. https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/tentang-gln/

Peruccia, N., Andelkovic, K., Radunovic, V., & Markovski, D. (2018). Digital Literacy for Digital Natives. 1–14.

Pradana, Y. (2018). Atribusi Kewargaan Digital Dalam Literasi Digital. Untirta Civic Education Journal, 3(2), 168–182.

Prasetyo, B., & Trisyanti, U. (2018). Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Perubahan Sosial.

IPTEK Journal of Proceedings Series, 0(5), 22–27. https://doi.org/10.12962/j23546026.y2018i5.4417

Prihatini, M., & Muhid, A. (2021). Literasi Digital terhadap Perilaku Penggunaan Internet Berkonten Islam di Kalangan Remaja Muslim Kota. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 6(1), 23–40. https://doi.org/10.33367/psi.v6i1.1307

Sugiono, S. (2020). Industri Konten Digital dalam Perspektif Society 5.0 Digital Content Industry in Society 5.0 Perspective. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komunikasi, 22(2), 175–191. http://dx.doi.org/10.33164/iptekkom.22.2.2020.175-191

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.)). Alfabeta.

Sukartono. (2018). Revolusi Industri 4.0 dan Dampaknya terhadap Pendidikan di Indonesia.

FIP PGSD Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–21.

Widoyoko, E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar.

Wijaya,E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278. http://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278 Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global .pdf. diakses pada; hari/tgl; sabtu, 3 November 2018. jam; 00:26, wib.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.