Positive Changes in Students' Critical Thinking Post-Application OASIS Model on Matter Work and Energy

Anastansya Lora Febria, Jeffry Handhika, Erawan Kurniadi

Abstract


Kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan dalam belajar fisika. Selama ini kemampuan berpikir kritis siswa khususnya SMA dinilai masih jauh dari harapan. Siswa mayoritas belum bisa menganalisis permasalahan yang diberikan oleh guru. Saat siswa diberi soal tentang penerapan gerak parabola menggunakan hukum kekekalan energi mekanik, siswa tidak bisa menentukan titik dimana energi kinetik terkecil pada gerak parabola tersebut. Salah satu strategi dalam mengatasi permasalahan yang ada dengan mempraktikkan model pembelajaran yaitu model pembelajaran OASIS (Orientasi, Analisis, Sintesis, Investigasi, Sinergi). Telah dilakukan penelitian di salah satu SMA di Kabupaten Ngawi dengan jumlah sampel sebanyak 26 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes menggunakan soal HOTS. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perubahan positif pada setiap indikator kemampuan berpikir kritis. Kontribusi rinci dari model OASIS yang diterapkan terhadap peningkatan masing-masing indikator kemampuan berpikir kritis siswa disajikan pada bagian pembahasan dalam artikel ini.

Keywords


Berpikir Kritis; OASIS; Usaha dan Energi

Full Text:

PDF

References


Azizah, I. N., & Widjajanti, D. B. (2019). Keefektifan pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kepercayaan diri siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 233–243. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i2.15927

Che, F.S. 2002. Teaching Critical Thinking Skills in A Hong Kong Secondary School. Asia Pacific Education Review, 3 (1): 83-91

Ennis,R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking : An Outline of Critical Thinking Dispositions. University of Illinois, 1-8

Facione, P. A. 2013. Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Measured Reasons and The California Academic Press.

Fithriyah, I., Cholis, S. dan Sisworo. 2016. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IXD SMPN 17 Malang. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I)Universitas Muhammadiyah Surakarta

Handhika, J. (2018). Model Orientasi, Analisis, Sintesis, Investigasi, Sinergi (OASIS)Untuk meningkatkan Level Konsepsi Mahasiswa Pada Materi Kinematika dan Dinematika.

Laicester, Mal &Taylor Denise. 2010. critical thinking across the curriculum. new York : Mc Graw-Hil Open University Press.

Manjarres, D. A., Herrera, W. J., Diaz, R. A., Manjarres, D. A., Herrera, W. J., & Diaz, R. A. (2013). Work and energy in rotating systems. American Journal of Physics, 597. https://doi.org/10.1119/1.4807897

Meltzer, D.E. 2002. “The Relationsip Between Mathematics Preparation and

Conceptual Learning gains in Physics: Posisible “Hidden Variable” in

Diagnostic Pretest Scores”. American Journal of Physics. 70(7).

Niki Harjilah, Rosane Medriati, Dedy Hamdani.(2019). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Fisika.Jurnal Kumparan Fisika. https://doi.org/10.33369/jkf.2.2.79-84

Piaget,J. (1936). Origins of intelligence in the child. London: Routledge & Kegan Paul.

Prima Nora Ananda, Asrizal, & Usmeldi.(2021). Pengaruh Penerapan PjBL Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kreatif Fisika : Meta Analisis. Jurnal Berkala Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.37729/radiasi.v14i2.1277

Rahayu. (2014). Analisis penyajian panduan pembelajaran literasi sains dalam buku guru tematik terpadu kelas IV SD/MI Kurikulum 2013. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Rian Priyadi., & Aamin Mustajab (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X MIPA dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 6(1),https://www.researchgate.net/publication/324501999_Analisis_Kemampuan_Berpikir_Kritis_Siswa_SMA_Kelas_X_MIPA_dalam_Pembelajaran_Fisika

Rofiah, E., Aminah, N. S., dan Ekawati, E. Y., 2013, “Penyusunan instrumen tes kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika pada siswa SMP”, Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2),17-22.

Siswa, K., Cilacap, K., Ramadhan, G., Dwijananti, P., & Wahyuni, S. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi ( High Order Thinking Skills ) Menggunakan Instrumen Two Tier Multiple Choice Materi Konsep dan Fenomena. 7(3).

Zubaidah, S., Corebima, AD & Mistianah. 2015. Assesment Berpikir Kritis Terintegrasi Tes Essay.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.